Analisis Operasional BPJS Kesehatan Berdasarkan Prinsip Syariah dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan.
View/ Open
Date
2017Author
Kurniawan, Dwiki
Rindayati, Wiwiek
Ali, Khalifah Muhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor utama bagi tercapainya
keberhasilan pembangunan di berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, sosial budaya,
dan kesehatan. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 mengatur tentang BPJS
Kesehatan. BPJS Kesehatan mengalami berbagai permasalahan dalam menjalankan
programnya yakni pelayanan yang diberikan kepada peserta kurang memuaskan
dikarenakan terjadinya diskriminasi. Dalam sistem operasionalnya terdapat unsur
gharar, maysir, dan riba. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengkaji operasional
BPJS Kesehatan berdasarkan prinsip syariah serta mengukur dan menganalisis faktorfaktor
yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analytical Network Process (ANP), Customer Satisfaction Index
(CSI) dan Ordinary Least Square (OLS). Hasil prioritas ANP menunjukkan bahwa
faktor akad paling berpengaruh terhadap BPJS Kesehatan sebesar 0.52. Pengukuran
CSI sebesar 66%. Ini artinya tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan, peserta
merasa cukup puas atas pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Terdapat 3
variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yakni
jaminan, empati dan bukti fisik.