Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60423
Title: Analisis Preferensi Pedagang dan Konsumen Mi Bakso terhadap Mi Basah Jagung dengan Teknologi Ekstrusi
Authors: Kusnandar,Feri
Muhandri,Tjahja
Putra, Gema Buana
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2009
Abstract: Muhandri (2008) telah melakukan penelitian yang mengembangkan dan menyempurnakan teknik produksi mi basah jagung dengan menggunakan teknologi ekstrusi. Produk mi basah jagung teknologi ekstrusi yang dihasilkan tersebut memerlukan suatu penelitian mengenai preferensi masyarakat terhadapnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat preferensi pedagang dan konsumen mi bakso terhadap produk mi basah jagung teknologi ekstrusi serta pengaruh dari berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal produk. Pada penelitian ini, mi basah jagung disajikan dalam bentuk mi bakso. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh secara langsung dari para responden. Responden dipilih menggunakan metode purposive sampling, dalam hal ini adalah para pedagang mi bakso keliling yang berdagang di sekitar Kampus IPB Dramaga dan konsumen mi bakso yang mengkonsumsi mi bakso di tempat para pedagang berjualan. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 20 orang untuk pedagang mi bakso dan 100 orang untuk konsumennya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara langsung dengan pertanyaan tertutup dan terbuka. Hasil analisis penilaian kesukaan responden pedagang dan konsumen mi bakso terhadap mi basah jagung teknologi ekstrusi menunjukkan bahwa seluruh atribut mutu sensori mi basah jagung tersebut telah dapat diterima, dengan asumsi batas minimal penerimaan kesukaannya adalah 3 yang berarti “biasa saja”. Bagi nilai atribut rasa dan kualitas overall, penilaian kedua populasi responden bahkan cenderung kepada nilai 4 yang berarti “agak suka”. Atribut rasa adalah atribut yang paling menyebabkan kecenderungan lebih disukainya nilai mutu overall mi basah jagung. Faktor-faktor eksternal produk tidak berpengaruh nyata terhadap penilaian mi basah jagung pada taraf signifikansi 0,05. Faktor-faktor yang tidak berpengaruh nyata tersebut bagi responden pedagang mi bakso antara lain faktor usia, pengalaman berdagang, dan perlakuan pengolahan mi saat disajikan. Sementara bagi responden konsumen mi bakso, faktor-faktor yang tidak berpengaruh nyata tersebut antara lain usia, daya beli (rata-rata pengeluaran setiap bulan), dan frekuensi responden dalam mengkonsumsi mi bakso. Sebaliknya, faktor yang berpengaruh nyata terhadap penilaian responden konsumen mi bakso adalah jenis kelamin dan perlakuan pengolahan mi jagung saat disajikan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60423
Appears in Collections:UT - Food Science and Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I282.12 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II394.49 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III325.01 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV537.32 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V284.65 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover283.18 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka284.87 kBAdobe PDFView/Open
F09gbp.pdf
  Restricted Access
full text1.04 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran523.82 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan281.31 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.