Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58498
Title: Tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penyediaan kebutuhan melaut di pelabuhan perikanan samudera Nizam Zachman Jakarta
Other Titles: Prosiding Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan " Pengembangan IPTEK Perikanan dan Kelautan Berkelanjutan dalam mendukung Pembangunan Nasional" Semarang 28 Agustus 2007
Authors: Solihin, Iin
Nurani, Tri Wiji
Magdalena, Karunia L.
Keywords: pelayanan
penyediaan
kepuasan
Issue Date: 2007
Publisher: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro
Abstract: Salah satu pelayanan yang diberikan kepada kapal perikanan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta adalah penyediaan kebutuban mel aut, yang meliputi aspek ketersediaan dan harga produk, distribusi, dan instansi terkait. Kinerja pelayanan ini akan mendapatkan suatu penilaian kepuasan dari nelayan, Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan terbadap pelayanan penyediaan kebutuban melaut di PPS Nizam Zachman Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah met ode survei. Analisis data yang digunakan adalah metode importance and Performance Analysis (IPA). Secara urnum, nelayan menyatakan puas terbadap pelayanan penyediaan kebutuhan mel aut. Kepuasan yang dicapai merupakan basil dari keberhasilan penyediaan dan pendistribusian kebutuban melaut oleb pelabuban yang menghasiikan rata-rata kepuasan sebesar 87.11%. Keberbasilan ini didukung oleh keberadaan kebutuban melaut, kelancaran sistem distribusi, dan kesigapan petugas. Namun, beberapa atribut dari pelayanan penyediaan kebutuban mel aut belum memuaSkan nelayan, seperti harga barang dan administrasi pembayaran yang berada pada selang 55-63% dan 70-78% (tidak atau kurang puas), sehingga memerlukan upaya perbaikan atau peningkatan kineJja supaya nelayan lebih merasa terpuaskan dan tetap beroperasi di PPS Nizam Zachman Jakarta.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58498
ISBN: 978.979.704.595.1
Appears in Collections:Faculty of Fisheries and Marine Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstrak, Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan .....pdfFull text765.57 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.