Tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penyediaan kebutuhan melaut di pelabuhan perikanan samudera Nizam Zachman Jakarta
View/ Open
Date
2007Author
Solihin, Iin
Nurani, Tri Wiji
Magdalena, Karunia L.
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu pelayanan yang diberikan kepada kapal perikanan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta adalah penyediaan kebutuban mel aut, yang meliputi aspek ketersediaan dan harga produk, distribusi, dan instansi terkait. Kinerja pelayanan ini akan mendapatkan suatu penilaian kepuasan dari nelayan, Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan terbadap pelayanan penyediaan kebutuban melaut di PPS Nizam Zachman Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah met ode survei. Analisis data yang digunakan adalah metode importance and Performance Analysis (IPA). Secara urnum, nelayan menyatakan puas terbadap pelayanan penyediaan kebutuhan mel aut. Kepuasan yang dicapai merupakan basil dari keberhasilan penyediaan dan pendistribusian kebutuban melaut oleb pelabuban yang menghasiikan rata-rata kepuasan sebesar 87.11%. Keberbasilan ini didukung oleh keberadaan kebutuban melaut, kelancaran sistem distribusi, dan kesigapan petugas. Namun, beberapa atribut dari pelayanan penyediaan kebutuban mel aut belum memuaSkan nelayan, seperti harga barang dan administrasi pembayaran yang berada pada selang 55-63% dan 70-78% (tidak atau kurang puas), sehingga memerlukan upaya perbaikan atau peningkatan kineJja supaya nelayan lebih merasa terpuaskan dan tetap beroperasi di PPS Nizam Zachman Jakarta.