Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166719
Title: Strategi Pengembangan Bisnis Rimba Pinus Farm Melalui Pendekatan Business Model Canvas
Other Titles: 
Authors: Harianto
Koespratama, Fardan Fareza
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis Rimba Pinus Farm sebagai destinasi agrowisata edukatif melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC). Metode ini digunakan untuk memetakan dan menganalisis sembilan elemen model bisnis saat ini, diikuti oleh analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari tiap elemen. Selanjutnya, pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan strategi prioritas yang paling relevan diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Rimba Pinus Farm memiliki potensi besar dalam bidang wisata pertanian dan peternakan, beberapa aspek seperti promosi digital, struktur organisasi, dan variasi aktivitas wisata belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini menghasilkan sejumlah strategi utama seperti memperkuat branding dan Unique Selling Point, membentuk tim pemasaran, serta membuat event berkala. Temuan ini memberikan dasar pengembangan model bisnis yang lebih kompetitif, adaptif, dan berkelanjutan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166719
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H3401211029_33aa2a6a953e4319b4f1c0c927b1c8f0.pdfCover323.46 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H3401211029_6bb4d54e56574f47808467b793caf525.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.04 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H3401211029_2d2360b8252a416b8c7f9d2d18b4fefa.pdf
  Restricted Access
Lampiran630.33 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.