Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166085
Title: Pengaruh Edukasi Gizi “PORTEKNAS” Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Porsi Makan Balita di Posyandu Kali Baru
Other Titles: 
Authors: Rizkiriani, Annisa
NURJANAH, INTAN
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Memperluas ilmu pengetahuan ibu balita terhadap pencegahan stunting dengan memperhatikan porsi makan balita sangat penting, maka perlu adanya edukasi terkait stunting dan porsi makan balita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu balita terhadap langkah pencegahan stunting dan porsi makan yang sesuai dengan pedoman isi piringku untuk balita dengan menggunakan media kalender edukasi dan alat peraga bernama PortiPlate. Desain yang digunakan adalah quasi-experiment one-group pretest-post-test dengan populasi ibu balita di Posyandu Kerang Hijau 2 Kelurahan Kalibaru Jakarta Utara. Jenis data yang dikumpulkan berupa karakteristik dan pengetahuan responden. Data diolah dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil Karakteristik rata-rata usia ibu balita diantara umur31-40 tahun dengan pendidikan terakhir didominasi oleh tamat SMA/Sederajat dan mayoritas sebagai ibu rumah tangga atau tidak bekerja. Hasil pada penelitian ini menunjukan adanya peningkatan signifikan skor rata-rata pengetahuan gizi dari 72,45±15,31 saat pretest menjadi 85,72±12,37 saat postest (p<0,05). Saran untuk penelitian ini adalah agar dapat melanjutkan pemberian edukasi atau praktik rutin kepada ibu balita agar ilmu yang diberikan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Expanding knowledge of stunting prevention by emphasizing appropriate toddler meal portions for mothers. The study utilized educational tools, including an educational calendar and a visual aid named PortiPlate, to align with the "Isi Piringku" guidelines for toddlers. Employing a quasi-experiment one-group pretest-posttest design, the research was conducted at Posyandu Kerang Hijau 2 in Kalibaru, North Jakarta. Data collected encompassed participant characteristics and knowledge levels, analyzed using the Wilcoxon test. Findings indicated that the average age of participating mothers ranged between 31-40 years, predominantly high school graduates, with most being homemakers. The results of this study showed a significant increase in the average score of nutritional knowledge from 72.45±15.31 during the pretest to 85.72±12.37 during the posttest (p<0.05). The study recommends the continuation of regular education and practical sessions for mothers to effectively apply the acquired knowledge in daily life.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166085
Appears in Collections:UT - Management of Food Service and Nutrition

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0306211113_e699df81bd8e4ffcac76da9bef28d7d2.pdfCover902.44 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0306211113_cdb3ad283571410eb51c986589d1f429.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.9 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0306211113_7f04cc902cef482fa49bfb84dd326bf6.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.