Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162711
Title: Pengaruh Niat Penggunaan Paylater terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus: Generasi Z Muslim di Jabodetabek)
Other Titles: The Influence of Intention to Use Paylater on Consumptive Behavior (Case Study: Generation Z Muslims in Jabodetabek)
Authors: Zulbainarni, Nimmi
Ali, Khalifah Muhamad
Rafi, Muhammad
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: MUHAMMAD RAFI. Pengaruh Niat Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus: Generasi Z Muslim di Jabodetabek). Dibimbing oleh NIMMI ZULBAINARNI dan KHALIFAH MUHAMMAD ALI. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi global meningkat pesat, mendorong adopsi masyarakat Indonesia terhadap teknologi baru seperti aplikasi Paylater. Penelitian ini menganalisis karakteristik dan faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan Paylater serta perilaku konsumtif generasi Z muslim di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, yaitu Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) dan Systematic Literature Review (SLR), dengan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 yang dimodifikasi dengan variabel religiusitas dan literasi keuangan. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner kepada responden sesuai kriteria, sedangkan data sekunder menggunakan literatur terdahulu terakreditasi Scopus yang dianalisis melalui aliran Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISM). Berdasarkan studi literatur, sebanyak 15 artikel dianalisis dalam SLR dengan publikasi terbanyak tahun 2024, didominasi jurnal berindeks Q1. Hasil menunjukkan lima faktor utama yang memengaruhi niat penggunaan Paylater, yaitu kemudahan penggunaan, literasi keuangan, kepercayaan, risiko yang dirasakan, dan faktor psikologis pengguna. Pengguna Paylater generasi Z muslim di Jabodetabek didominasi perempuan (80%) dengan pendidikan SMA/SMK (60%). Mayoritas bekerja sebagai pegawai swasta (48%) dengan pendapatan bulanan Rp 4.000.000,00–Rp 6.000.000,00 (31%). Sebagian besar memanfaatkan Shopee Paylater (68%) untuk produk fashion (29%), sementara 43% responden ragu akan kesesuaian Paylater dengan prinsip Islam. Dalam customer journey, generasi Z mengenal Paylater lewat aplikasi e-commerce (47%) dengan ketertarikan awal karena promosi (48%). Sebagian besar mencari informasi melalui aplikasi Paylater (50%) dan bertanya kepada teman atau keluarga (44%) sebelum memutuskan penggunaan. Motivasi utama menggunakan Paylater pertama kali adalah kebutuhan mendesak (58%). Pengalaman positif dan promosi menarik mendorong rekomendasi kepada orang lain (40%). Hasil analisis SEM-PLS menemukan bahwa variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan Paylater adalah performance expectancy, social influence, price value, dan habit. Sedangkan, variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif adalah variabel habit dan niat penggunaan Paylater.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162711
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_K1501231090_220864dc2de3469699822e6af97801fc.pdfCover795.97 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_K1501231090_d63a2e5da4bc4fe98e8c3f19cbd0503c.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.1 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_K1501231090_d5fbe0c9bb424229a7e8b78a8da3d36c.pdf
  Restricted Access
Lampiran376.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.