Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110733
Title: Segmentasi Konsumen Jabodetabek berdasarkan Atribut Mutu Intrinsik dan Ekstrinsik Produk Susu UHT
Authors: Arpah, Muhammad
Rismandya, Ainun
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Tingkat konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah. Konsumen di Indonesia memiliki preferensi yang tinggi terhadap produk susu UHT. Penelitian mengenai pola konsumsi dan preferensi konsumen susu UHT dapat menggambarkan segmentasi konsumen susu UHT. Segmentasi konsumen bertujuan menganalisis pasar, menentukan target konsumen, serta strategi dalam memenuhi kebutuhan konsumen sehingga terjadi peningkatan konsumsi. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi mengenai segmentasi konsumen susu UHT yang terbentuk di wilayah Jabodetabek. Data hasil kuesioner dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis klaster. Penelitian ini diikuti oleh 300 responden yang telah memenuhi syarat sebagai responden yaitu domisili di Jabodetabek dan pernah mengonsumsi susu UHT. Responden secara umum memiliki pola konsumsi susu UHT yang rendah dan preferensi yang tinggi terhadap atribut mutu profil sensori, klaim dan asal usul bahan, reputasi produsen, dan sertifikasi. Hasil segmentasi menunjukkan terdapat tiga segmen konsumen yang terbentuk. Segmen 1 memiliki karakter sensitif terhadap harga. Segmen 2 memiliki karakter paham pentingnya kesehatan dan sertifikasi. Segmen 3 memiliki karakter berorientasi pada profil sensori dan atribut ekstrinsik serta paham pentingnya kesehatan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110733
Appears in Collections:UT - Food Science and Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover406.97 kBAdobe PDFView/Open
Skripsi Ainun F24170104.pdf
  Restricted Access
Fullteks2.58 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran866.42 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.