Segmentasi Konsumen Jabodetabek berdasarkan Atribut Mutu Intrinsik dan Ekstrinsik Produk Susu UHT
Abstract
Tingkat konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah. Konsumen di
Indonesia memiliki preferensi yang tinggi terhadap produk susu UHT. Penelitian
mengenai pola konsumsi dan preferensi konsumen susu UHT dapat
menggambarkan segmentasi konsumen susu UHT. Segmentasi konsumen
bertujuan menganalisis pasar, menentukan target konsumen, serta strategi dalam
memenuhi kebutuhan konsumen sehingga terjadi peningkatan konsumsi.
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi mengenai segmentasi konsumen
susu UHT yang terbentuk di wilayah Jabodetabek. Data hasil kuesioner dianalisis
menggunakan metode analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis klaster.
Penelitian ini diikuti oleh 300 responden yang telah memenuhi syarat sebagai
responden yaitu domisili di Jabodetabek dan pernah mengonsumsi susu UHT.
Responden secara umum memiliki pola konsumsi susu UHT yang rendah dan
preferensi yang tinggi terhadap atribut mutu profil sensori, klaim dan asal usul
bahan, reputasi produsen, dan sertifikasi. Hasil segmentasi menunjukkan terdapat
tiga segmen konsumen yang terbentuk. Segmen 1 memiliki karakter sensitif
terhadap harga. Segmen 2 memiliki karakter paham pentingnya kesehatan dan
sertifikasi. Segmen 3 memiliki karakter berorientasi pada profil sensori dan atribut
ekstrinsik serta paham pentingnya kesehatan.