Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106160
Title: Membangun Daya Saing Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Resource-Based View Model
Other Titles: Developing The Competitiveness of Private Higher Education Based on the Resource-Based View Model
Authors: Suharjo, Budi
Nurmalina, Rita
Kirbrandoko
Mutmainah, Isbandriyati
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: PTS memiliki peran penting dalam mencerdaskan bangsa melalui kontribusinya dalam fasilitasi peningkatan partisipasi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Walaupun PTS memiliki peran penting, namun sampai saat ini belum menjadi pilihan utama calon mahasiswa dan pengguna lainnya. Di tengah tingginya animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke PTN, posisi PTS justru terancam dengan banyaknya PTS yang tutup. Kondisi tersebut menunjukkan bukti adanya masalah daya saing yang dihadapi PTS saat ini. Daya saing menjadi salah satu faktor yang menentukan keberlangsungan serta perkembangan PTS, oleh karena itu membangun daya saing menjadi salah satu aspek kunci. Resource-Based View Model merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengevaluasi dan membangun daya saing organisasi tidak terkecuali perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun daya saing PTS di Indonesia berbasis Resource-Based View Model, dengan melakukan kajian integratif terhadap pola keterkaitan tujuh aspek, yaitu marketing audit, entrepreneurial orientation, learning orientation, market orientation, dynamic capability, performance, dan competitiveness. Populasi penelitian ini adalah PTS non vokasi di LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, dengan sampel meliputi pimpinan PTS yaitu rektor, dekan, kaprodi, dan ketua penjaminan mutu yang berjumlah 178 mewakili 35 PTS, yang menjadi sumber informasi yang diperlukan untuk mendapatkan data penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengambilan sampel multistage purposive sampling, dimana teknik yang digunakan adalah cluster sampling untuk menentukan jenis PTS, hierarchy sampling untuk menentukan PTS non vokasi berdasarkan akreditasi institusi, dan purposive sampling untuk memilih responden di setiap lapisan. Ada dua metode analisis yang digunakan, yang pertama adalah deskriptif untuk menganalisis persepsi responden terhadap daya saing dan aspek yang memengaruhinya sebagaimana dalam model, dan yang kedua adalah SEM untuk menguji model daya saing PTS berbasis RBV Model dan mengeksplorasi hubungan antara variabel penelitian, yaitu marketing audit, entrepreneurial orientation, learning orientation, market orientation, dynamic capability, performance, dan competitiveness. Hasil penelitian menunjukkan, pimpinan PTS terakreditasi A, B, dan C sependapat bahwa indikator daya saing paling penting adalah adanya peningkatan jumlah mahasiswa dan publikasi ilmiah berskala internasional. Namun pada beberapa indikator lain, ada perbedaan mendasar persepsi antar PTS dengan akreditasi yang berbeda. PTS terakreditasi A memilih peningkatan jumlah dosen berpendidikan S3 menjadi indikator penting ketiga, sementara PTS terakreditasi B memilih kemampuan dalam mempertahankan dosen berkualitas, dan PTS terakreditasi C memilih peningkatan surplus anggaran. Hasil penelitian menunjukkan, semakin baik akreditasi yang dicapai oleh PTS, daya saing dan aspek-aspek penting yang memengaruhi daya saing juga memiliki level yang semakin tinggi. PTS terakreditasi A memiliki rata-rata nilai aspek competitiveness, performance, marketing audit, dynamic capability, market orientation, dan learning orientation lebih tinggi dibanding PTS terakreditasi B dan C. Namun pada aspek entrepreneurial orientation, PTS terakreditasi B memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan PTS terakreditasi A dan C. Dan secara keseluruhan, aspek performance pada PTS terakreditasi A memiliki rata-rata nilai yang sangat baik, sementara aspek marketing audit, entrepreneurial orientation, learning orientation, market orientation, dynamic capability, dan competitiveness pada PTS terakreditasi A, B, dan C memiliki rata-rata nilai yang baik. Hasil analisis SEM menunjukkan, competitiveness dipengaruhi secara langsung dan signifikan oleh performance, marketing audit, dan dynamic capability, dimana performance memberi pengaruh yang paling besar. Secara tidak langsung, competitiveness dipengaruhi oleh marketing audit, learning orientation, entrepreneurial orientation, dan entrepreneurial orientation memiliki pengaruh paling besar. Competitiveness juga dipengaruhi secara tidak langsung oleh learning orientation dan entrepreneurial orientation melalui mediasi dynamic capability, dan learning orientation memiliki pengaruh paling besar. Entrepreneurial orientation terbukti berpengaruh siginifikan terhadap market orientation baik secara langsung maupun secara tidak langusng melalui mediasi learning orientation. Sementara market orientation terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap performance. Temuan penting dari penelitian ini adalah bahwa dalam membangun daya saing PTS, faktor internal yaitu sumber daya dan kapabilitas sebagai dua faktor daya saing penting menurut teori RBV, terbukti menjadi aspek penting dalam upaya membangun daya saing berkelanjutan. Dalam membangun daya saing berkelanjutan, PTS tidak hanya menggantungkan dari performance namun diperlukan integrasi berbagai faktor yang memengaruhi daya saing baik yang memengaruhi secara langsung maupun yang secara tidak langsung yaitu marketing audit, dynamic capability, learning orientation, dan entrepreneurial orientation. Temuan penting lainnya adalah implementasi marketing audit terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dan daya saing PTS, sehingga PTS perlu secara rutin melakukan audit pemasarannya. Pemerintah memiliki peran penting untuk mewujudkan ekosistem pendidikan tinggi yang berkualitas dan kompetitif melalui tiga hal yaitu dukungan pendanaan, penguatan dosen, dan peningkatan kualitas PTS.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106160
Appears in Collections:DT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER DISERTASI_P066150983.11DM_ ISBANDRIYATI M.pdfCover3.25 MBAdobe PDFView/Open
P066150983.11DM_ISBANDRIYATI MUTMAINAH.pdfFullteks39.43 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdfLampiran22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.