Show simple item record

dc.contributor.advisorIskandar, Budi Hascaryo
dc.contributor.advisorNovita, Yopi
dc.contributor.advisorBaskoro, Mulyono S
dc.contributor.authorSantoso, Agus Wahyu
dc.date.accessioned2019-11-19T06:09:08Z
dc.date.available2019-11-19T06:09:08Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99968
dc.description.abstractKendari adalah salah satu kota di Sulawesi Tenggara yang mempunyai potensi kelimpahan sumberdaya ikan yang tinggi. Makanya banyak sekali bantuan kapal perikanan yang akan dialokasikan ke wilayah tersebut. Tetapi banyaknya penolakan kapal bantuan tersebut maka perlu dilakukan kajian terkait desain kapal bantuan yang sesuai dengan kearifan lokal sehingga kapal bantuan dimaksud dapat diterima oleh nelayan yang akan mengoperasikan kapal perikanan dimaksud. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kondisi eksisting armada kapal light fishing di Sulawesi Tenggara (2) Mengestimasi tingkat stabilitas kapal light fishing yang ada di Sulawesi Tenggara (3) Merumuskan desain kapal light fishing di Sulawesi Tenggara yang berbasis kearifan lokal dalam kaitannya dengan armada kapal yang akan beroperasi di perairan Sulawesi Tenggara, khususnya di Kendari. Data dikumpulkan menggunakan metode survei dengan mengumpulkan data pengamatan dan pengukuran terhadap kapal penangkap ikan, bentuk dan dimensi utama kapal. Pengolahan data yang digunakan adalah dengan persamaan numerik, selanjutnya analisis data dilakukan menggunakan metode perbandingan secara numerik maupun deskriptif. Perangkat lunak Maxsurf digunakan dalam pengolahan dan analisis data. Kelaiklautan kapal ditinjau dengan melihat kemampuan stabilitas, tahanan gerak dan rolling period. Pada kelompok desain kapal di Sulawesi Tenggara yaitu kapal handline dengan light fishing terdapat 3 bagian yaitu kapal dengan ukuran kelompok besar, sedang dan kecil. Dari ketiga kelompok tersebut semua desain bentuk linggi haluan yaitu raked bow landai yang menandakan bahwa bentuk kapal disana adalah seragam dari sisi bentuk linggi haluan kapal. Desain tersebut juga memiliki bentuk penampang membujur kasko yang berbeda, yaitu double pointed untuk kelompok kapal dengan ukuran kelompok kecil dan transom untuk kapal dengan ukuran kelompok besar dan sedang. Estimasi dari kapal unggulan tingkat stabilitas, rolling period dan tahanan kapal light fishing yang ada di Sulawesi Tenggara yaitu dari ketiga kriteria tersebut memiliki nilai yang sudah memenuhi kriteria IMO (1995). Berdasarkan hasil simulasi, kapal dengan ukuran kelompok sedang, memiliki nilai stabilitas yang paling baik diantara kedua jenis kelompok besar dan kecil. Berdasarkan kemampuan tahanan gerak, kapal dengan ukuran kelompok sedang, memiliki nilai tahanan yang paling besar karena untuk kapal dengan alat tangkap handline tidak memerlukan kecepatan karena jenis alat tangkap yang pasif. Berdasarkan pada nilai rolling period kapal kapal dengan ukuran kelompok sedang, besar dan kecil memiliki nilai sesuai persyaratan menurut FAO, 1996 dan Bhattacharya,1978 yaitu TR = 4.5 - 7.0 detik. Kekuatan memanjang pada penelitian desain kapal perikanan unggulan maka dapat meyakinkan kepada nelayan penerima bahwa material fiberglass sudah sesuai dengan aturan, baik dari segi kekuatan maupun konstruksinya serta juga dapat menjamin keselamatan operasional kapal. Akan tetapi kearifan lokal baik bentuk kapal diatas garis air dari masing-masing daerah penangkapan perlu juga jadi perhatian khusus sehingga kapal bantuan tersebut dapat diterima oleh nelayan. Dari hasil perhitungan analisis penggunaan lampu atau light fishing dalam kapal nelayan, cahaya lampu merupakan suatu bentuk alat bantu secara optik yang digunakan untuk menarik dan mengkonsentrasikan ikan serta untuk menangkap ikan secara individu maupun secara bergerombol. Kegunaan cahaya lampu dalam metode penangkapan ikan adalah untuk menarik ikan, serta mengkonsentrasikan dan menjaga agar ikan tetap terkonsentrasi dan mudah ditangkap. Diperoleh peningkatan hasil tangkapan rata-rata sekitar 30%. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kapal handline light fishing ukuran 5 GT menjadi pilihan nelayan untuk dipilih sebagai kapal bantuan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcMarine technologyid
dc.subject.ddcLight fishing shipid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcSulawesi Tenggaraid
dc.titleDesain Kapal Light Fishing Berbasis Kearifan Lokal Nelayan Sulawesi Tenggara.id
dc.typeDissertationid
dc.subject.keywordDesain kapal perikananid
dc.subject.keywordkearifan lokal Kendariid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record