Show simple item record

dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorSumardi, Retno Santi
dc.date.accessioned2019-05-24T02:34:12Z
dc.date.available2019-05-24T02:34:12Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97663
dc.description.abstractMengetahui keputusan konsumen dalam pariwisata halal sangat penting karena meningkatnya jumlah muslim di dunia dan pariwisata merupakan sektor yang berperan penting dalam perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan proses pengambilan keputusan konsumen terhadap wisata halal di Indonesia dan Malaysia, menganalisis perbedaan pengaruh bauran pemasaran (product, place, price, promotion) terhadap keputusan konsumen berwisata halal di Indonesia dan Malaysia, menganalisis perbedaan faktor-faktor seperti lingkungan, individu, sikap, dan motivasi terhadap keputusan berwisata halal di Indonesia dan Malaysia, dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan wisata halal di Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan survei pada 200 wisatawan Muslim Indonesia dan 200 wisatawan Muslim Malaysia yang telah mengunjungi wisata halal di Malaysia dan Indonesia. Kuala Lumpur dipilih untuk mewakili Malaysia, sedangkan Lombok dipilih untuk mewakili Indonesia. Hasil survei dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM), dan uji beda dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan proses keputusan konsumen, perbedaan yang signifikan antara konsumen Indonesia dan Malaysia adalah pada frekuensi dalam melakukan perjalanan, sumber informasi, cara memutuskan, pemberi pengaruh, kepuasan selama perjalanan. Menurut hasil SEM terdapat faktor yang mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap keputusan berwisata halal ke Malaysia yaitu pada faktor lingkungan dan bauran pemasaran dan faktor dominan yang mempengaruhi konsumen Indonesia berkunjung ke wisata halal Malaysia adalah karena situasi yang terdapat dalam diri wisatawan tersebut berupa nilai-nilai religi yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Sedangkan hasil SEM pada wisata halal Indonesia adalah faktor lingkungan, individu, sikap dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen Malaysia dalam berwisata halal ke Indonesia. Faktor yang dominan yang mempengaruhinya adalah karena pengaruh keluarga, karena keputusan berlibur biasanya berdasarkan pertimbangan keluarga atau partner.id
dc.language.isoenid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcMarketing Managementid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcJohor-Malaysiaid
dc.titleFactors Influencing Consumer Decisions in Halal Tourism (Case Study Indonesia and Malaysia).id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordConsumer Decisionid
dc.subject.keywordHalal Tourismid
dc.subject.keywordStructural Equation Modelling (SEM)id


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record