Strategi Pengembangan Promosi dalam Meningkatkan Investasi Swasta di Kabupaten Bogor.
View/ Open
Date
2019Author
Widyani, Nina
Falatehan, A Faroby
Hariyoga, Himawan
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan antar daerah yang semakin tinggi menyebabkan pentingnya
promosi dalam meningkatkan investasi swasta. Wilayah Kabupaten Bogor yang
tersebar luas mengakibatkan perlunya sarana yang tepat dalam memperkenalkan
Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian dari penulisan tesis ini meliputi: (1)
mengidentifikasi perkembangan investasi swasta baik PMA maupun PMDN dan
kegiatan promosi investasi di Kabupaten Bogor, (2) mengidentifikasi dan
menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja faktor – faktor yang mempengaruhi
promosi investasi di Kabupaten Bogor, dan (3) membangun strategi pengembangan
promosi agar dapat meningkatkan investasi swasta di Kabupaten Bogor. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis (IPA)
dan Analytic Network Process (ANP)
Menurut rencana besaran nilai investasi, sektor yang paling banyak diminati
investor swasta dalam negeri di Kabupaten Bogor periode tahun 2013 - 2017 berada
di sektor usaha perumahan, kawasan industri, dan perkantoran dengan rencana nilai
investasi sebesar Rp 34,05 triliun yang terdiri dari 300 proyek dan dapat menyerap
tenaga kerja 20.707 orang, sedangkan untuk Penanaman Modal Asing (PMA)
dalam kisaran waktu tahun 2013 - 2017, nilai minat investor terbesar berada pada
sektor usaha listrik, gas, dan air sebesar US$ 2,60 miliar.
Berdasarkan Laporan Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu (DPMPTSP) tahun 2017, terdapat 3 (tiga) kegiatan pada Program
Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi, yaitu : Kegiatan Koordinasi dan
Kerjasama di Bidang Penanaman Modal dengan Instansi Pemerintah dan Dunia
Usaha, berupa forum diskusi antara para pelaku usaha dan SKPD terkait dalam
investasi dan kerjasama dengan Kabupaten/Kota dalam hal pertukaran informasi
peluang investasi; Kegiatan Promosi Investasi melalui media elektronik, berupa
TVC pada program acara di televisi dan promosi pada portal internet; serta Kegiatan
Penyelenggaraan Eksibisi, berupa penyelenggaraan pameran atau keikutsertaan
dalam pameran investasi.
Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 10 (sepuluh) indikator yang
dipandang penting dan masih kurang dalam pelaksanaan pengembangan promosi
investasi di Kabupaten Bogor, yaitu : menganalisis kegiatan promosi yang bisa
menghasilkan output terbesar; program promosi disusun dengan melihat minat
investor; tenaga promosi yang profesional dan berkualitas; marketing komunikasi
yang baik dalam berpromosi; mempunyai data base mengenai pasar/market;
membuat profil peluang investasi yang informatif, update, dan akurat; membuat
website dengan data yang lengkap dan menarik; promosi melalui media sosial;
merencanakan pengembangan produk promosi investasi; dan melakukan evaluasi
keefektifan kegiatan promosi secara berkala. Selanjutnya hasil metode ANP
menunjukkan bahwa strategi pengaturan program promosi yang lebih fokus dan
terarah mempunyai prioritas tertinggi dalam pengembangan promosi investasi di
Kabupaten Bogor dengan nilai 0,549.
Strategi pengaturan program promosi yang lebih fokus dan terarah
merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan minat investasi dari calon
investor. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu : (1) Melakukan
segmentasi pasar, penentuan target, dan lebih selektif dalam pemilihan kegiatan
promosi, (2) Pengaturan kegiatan promosi sebaiknya lebih fokus pada sektor yang
menjadi prioritas, (3) Penyusunan materi promosi yang informatif dan menarik, (4)
Adanya koordinasi yang baik antar seksi dalam satu bidang ataupun dengan bidang
lain di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
Kabupaten Bogor yang berhubungan dalam pengembangan program promosi
investasi, (5) Adanya monitoring dan evaluasi secara berkala untuk mengetahui
sejauh mana keefektifan kegiatan promosi investasi, dan (6) Pengoptimalan
kegiatan promosi dengan media online.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]