Evaluasi Faktor Sukses E-Commerce dengan Menggunakan Fuzzy Analytical Hierarchy Process dan Spearman Correlation
View/ Open
Date
2019Author
Sahlan, Muh Fadli Fauzi
Buono, Agus
Hermadi, Irman
Metadata
Show full item recordAbstract
Perdagangan elektronik yang biasa juga disebut e-commerce merupakan salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di negera berkembang. E-commerce tidak membutuhkan banyak tenaga bagi siapapun untuk memulainya. Indonesia yang merupakan salah satu pengguna internet terbesar di dunia berdasarkan survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2016) merupakan penyebab berkembang pesatnya bisnis e-commerce di indonesia. Untuk menunjang kesuksesan sebuah e-commerce ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Penentuan prioritas terbesar dalam menunjang kesuksesan sebuah e-commerce diperlukan sebagai bahan acuan dalam membangun sebuah e-commerce yang bergerak dibidang retail.
Identifikasi faktor kesuksesan e-commerce dapat dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Procces (AHP). Penggunanan AHP dimulai dengan membangun hirarki dari tujuan yang ingin dicapai dan selanjutnya mengidentikasi kriteria dan sub keriteria yang akhirnya menjadi sebuah hierarki. Penggunaan Fuzzy dalam AHP dilakukan untuk mengakomodir nilai-nilai subjektifitas dari penilaian pakar yang tidak mampu dicari dalam AHP. Selanjutnya spearman correlation digunakan untuk melihat hubungan korelasi dan signifikasi dari penilaian pakar dan konsumen. Hubungan korelasi dan signifikansi diperlukan untuk melihat hubungan penilaian dari pakar dan konsumen yang selanjunya akan dijadikan bahan acuan dalam pengembangan sebuah e-commerce.
Data dari penelitian ini diambil dari staff e-commerce yang bergerak dibidang retail dan konsumen. Penelitian ini bertujuan agar pelaku bisnis dibidang ini mampu meningkatkan pelayanan e-commerce nya dengan mempertimbangkan faktor sukses terbesar yang menunjang sebuah e-commerce dan untuk membuat bisnis e-commerce retail menjadi bisnis yang diminati. Dari hasi penelitian yang dilakukan ternayata ada hubungan korelasi yang kuat antara konsumen dan pakar mengenai faktor terbesar menunjang kesuksesan sebuah e-commerce menggunakan fuzzy AHP.