dc.description.abstract | Tanaman dapat memberi keindahan, kenyamanan dan berbagai fungsi
lainnya untuk kehidupan manusia. Kebutuhan ini semakin meningkat sejalan
dengan timbulnya kesadaran akan kelestarian lingkungan hidup dan apresiasi
terhadap keindahan tanaman. Tanaman sebagai elemen utama dalam industri
lansekap bergantung pada keberhasilan pembibitan sebagai penyedia tanaman.
Nursery adalah tempat yang menyediakan tanaman yang siap ditanam. Salah satu
daerah penghasil produk tanaman hias yaitu Kabupaten Bogor . Penelitian ini
bertujuan untuk menilai beberapa aspek nursery di Kabupaten Bogor. Tujuan
kegiatan penelitian ini diantaranya mengkaji aspek tanaman, fisik, produksi, dan
pemasaran pada nursery, membuat ciri pada tiap kelas nursery, mengkaji korelasi
antar sub-aspek pada nursery, dan membuat prototype website jual beli tanaman
online. Metode penelitian menggunakan menggunakan kuesioner terhadap 30
sampel nursery yang dipilih dengan purposive sampling, deskriptif kuantitatif
pada aspek tanaman, perhitungan rata-rata untuk menunjukkan hasil persentase
pada data aspek fisik, produksi, dan pemasaran, korelasi antar sub-aspek, serta uji
analisis non cluster-hierarki menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan,
terdapat 264 spesies tanaman yang sering dijual di 30 nursery di Kabupaten Bogor
yang terdiri dari 110 spesies tanaman penutup tanah, 57 spesies semak, 32 spesies
perdu, 31 spesies pohon, 24 spesies tanaman merambat/menggantung, dan 10
spesies tanaman epifit. Kajian selanjutnya merupakan pengkajian tanaman
tersebut dengan melakukan penganalisaan lima spesies tanaman yang dominan
dipasarkan dari tiap tipe tanaman, segi visual tanaman yang banyak dipasarkan,
serta tipe nursery dari segi perbanyakan jenis tanaman. Spesifikasi pada tanaman
berupa diameter, tinggi, panjang daun, dan berat. Perbedaan harga dalam satu
spesies tanaman rata-rata berada pada rentang 10-15 cm untuk tanaman kecil pada
hampir semua tipe tanaman, terutama tipe tanaman penutup tanah, semak,
tanaman merambat/menggantung, dan tanaman epifit. Pada beberapa tipe tanaman
seperti perdu dan pohon rata-rata bisa memiliki rentang 20, 50, hingga 100 cm
perubahan pada harga tanaman. Pada aspek fisik dikaji berkaitan tipe nursery, luas
lahan, penggunaan sumber irigasi dan sistem irigasi, serta kelengkapan fasilitas
dan utilitas yang dimilki. Pada aspek produksi dikaji mengenai metode
perbanyakan yang digunakan, tidak atau melakukannya kegiatan potting, hama
yang menyerang, media tanam yang digunakan, serta pemeliharaan yang
dilakukan. Terakhir pada aspek pemasaran dikaji pada aspek produk dan jasa,
konsumen, serta lokasi nursery. Hasil uji analisis cluster non-hierarchical
menunjukkan bahwa kelas nursery kecil memiliki ciri-ciri bertipe nursery
pembesaran dan penjualan; memiliki luas ratusan m2; memiliki 1-4 fasilitas;
memiliki kelengkapan 1-3 utilitas; berada pada jalan kolektor dan jalan lokal,
serta konsumen individual. Nursery sedang bertipe nursery perbanyakan dan
pembesaran, memiliki luas ribuan m2; memiliki 5-8 fasilitas; memiliki
kelengkapan 4-6 utilitas; berada pada jalan kolektor dan jalan lokal; serta
konsumen baik individual maupun supplier. Nursery besar bertipe nursery
perbanyakan; memiliki luas puluan ribu m2; memiliki 8-10 fasilitas; memiliki
kelengkapan 7-8 utilitas; berada pada jalan lokal dan lingkungan; serta konsumen
baik individual, supplier, dan ekspor. Berdasarkan hasil ditemukan bahwa ada
hubungan antara beberapa sub-aspek pembibitan sesuai dengan Mason J (1951),
yaitu keterhubungan antara fasilitas dengan luas, utilitas dengan stok tanaman,
tipe nursery dengan luas lahan, serta luas lahan dengan stok tanaman.
Keberhasilan dalam penjualan dapat dicapai dengan membuat situs website
sebagai media fungsional yang dapat memfasilitasi dan memberikan informasi
tentang ketersediaan stok dan harga tanaman pada nursery di Kabupaten Bogor.
Pada tampilan website terdapat tab home (tampilan awal website berisi produk
baru yang diinput dan tampilan singkat deskripsi nursery, tab shop (berisi jenis
tanaman hias, yaitu tanaman penutup tanah, semak, perdu, pohon, dan tanaman
merambat/menggantung), tab check out (daftar tanaman yang disimpan atau ingin
dibeli), tab shopping cart (pengisian form data pembeli), dan tab contact
(pengiriman pesan maupun kritik/saran dari pembeli). | id |