Show simple item record

dc.contributor.advisorNizar, Nasrullah
dc.contributor.authorSyafitri, Ajeng Indah
dc.date.accessioned2019-01-30T09:07:06Z
dc.date.available2019-01-30T09:07:06Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96649
dc.description.abstractTanaman dapat memberi keindahan, kenyamanan dan berbagai fungsi lainnya untuk kehidupan manusia. Kebutuhan ini semakin meningkat sejalan dengan timbulnya kesadaran akan kelestarian lingkungan hidup dan apresiasi terhadap keindahan tanaman. Tanaman sebagai elemen utama dalam industri lansekap bergantung pada keberhasilan pembibitan sebagai penyedia tanaman. Nursery adalah tempat yang menyediakan tanaman yang siap ditanam. Salah satu daerah penghasil produk tanaman hias yaitu Kabupaten Bogor . Penelitian ini bertujuan untuk menilai beberapa aspek nursery di Kabupaten Bogor. Tujuan kegiatan penelitian ini diantaranya mengkaji aspek tanaman, fisik, produksi, dan pemasaran pada nursery, membuat ciri pada tiap kelas nursery, mengkaji korelasi antar sub-aspek pada nursery, dan membuat prototype website jual beli tanaman online. Metode penelitian menggunakan menggunakan kuesioner terhadap 30 sampel nursery yang dipilih dengan purposive sampling, deskriptif kuantitatif pada aspek tanaman, perhitungan rata-rata untuk menunjukkan hasil persentase pada data aspek fisik, produksi, dan pemasaran, korelasi antar sub-aspek, serta uji analisis non cluster-hierarki menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 264 spesies tanaman yang sering dijual di 30 nursery di Kabupaten Bogor yang terdiri dari 110 spesies tanaman penutup tanah, 57 spesies semak, 32 spesies perdu, 31 spesies pohon, 24 spesies tanaman merambat/menggantung, dan 10 spesies tanaman epifit. Kajian selanjutnya merupakan pengkajian tanaman tersebut dengan melakukan penganalisaan lima spesies tanaman yang dominan dipasarkan dari tiap tipe tanaman, segi visual tanaman yang banyak dipasarkan, serta tipe nursery dari segi perbanyakan jenis tanaman. Spesifikasi pada tanaman berupa diameter, tinggi, panjang daun, dan berat. Perbedaan harga dalam satu spesies tanaman rata-rata berada pada rentang 10-15 cm untuk tanaman kecil pada hampir semua tipe tanaman, terutama tipe tanaman penutup tanah, semak, tanaman merambat/menggantung, dan tanaman epifit. Pada beberapa tipe tanaman seperti perdu dan pohon rata-rata bisa memiliki rentang 20, 50, hingga 100 cm perubahan pada harga tanaman. Pada aspek fisik dikaji berkaitan tipe nursery, luas lahan, penggunaan sumber irigasi dan sistem irigasi, serta kelengkapan fasilitas dan utilitas yang dimilki. Pada aspek produksi dikaji mengenai metode perbanyakan yang digunakan, tidak atau melakukannya kegiatan potting, hama yang menyerang, media tanam yang digunakan, serta pemeliharaan yang dilakukan. Terakhir pada aspek pemasaran dikaji pada aspek produk dan jasa, konsumen, serta lokasi nursery. Hasil uji analisis cluster non-hierarchical menunjukkan bahwa kelas nursery kecil memiliki ciri-ciri bertipe nursery pembesaran dan penjualan; memiliki luas ratusan m2; memiliki 1-4 fasilitas; memiliki kelengkapan 1-3 utilitas; berada pada jalan kolektor dan jalan lokal, serta konsumen individual. Nursery sedang bertipe nursery perbanyakan dan pembesaran, memiliki luas ribuan m2; memiliki 5-8 fasilitas; memiliki kelengkapan 4-6 utilitas; berada pada jalan kolektor dan jalan lokal; serta konsumen baik individual maupun supplier. Nursery besar bertipe nursery perbanyakan; memiliki luas puluan ribu m2; memiliki 8-10 fasilitas; memiliki kelengkapan 7-8 utilitas; berada pada jalan lokal dan lingkungan; serta konsumen baik individual, supplier, dan ekspor. Berdasarkan hasil ditemukan bahwa ada hubungan antara beberapa sub-aspek pembibitan sesuai dengan Mason J (1951), yaitu keterhubungan antara fasilitas dengan luas, utilitas dengan stok tanaman, tipe nursery dengan luas lahan, serta luas lahan dengan stok tanaman. Keberhasilan dalam penjualan dapat dicapai dengan membuat situs website sebagai media fungsional yang dapat memfasilitasi dan memberikan informasi tentang ketersediaan stok dan harga tanaman pada nursery di Kabupaten Bogor. Pada tampilan website terdapat tab home (tampilan awal website berisi produk baru yang diinput dan tampilan singkat deskripsi nursery, tab shop (berisi jenis tanaman hias, yaitu tanaman penutup tanah, semak, perdu, pohon, dan tanaman merambat/menggantung), tab check out (daftar tanaman yang disimpan atau ingin dibeli), tab shopping cart (pengisian form data pembeli), dan tab contact (pengiriman pesan maupun kritik/saran dari pembeli).id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcLandscape Architectureid
dc.subject.ddcPlant Information Systemid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleKajian Stok Tanaman untuk Penyusunan Sistem Informasi Tanaman di Nursery Kabupaten Bogor Berbasis Webid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordaspek nurseryid
dc.subject.keywordkorelasiid
dc.subject.keywordnurseryid
dc.subject.keywordspesies tanamanid
dc.subject.keywordwebsiteid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record