Evaluasi Taman sebagai Ruang Publik Ramah Anak di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.
Abstract
Perkembangan kota tidak terlepas dari perkembangan penduduknya, di
dalamnya termasuk anak-anak sehingga diperlukan ruang terbuka ramah anak.
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karateristik, menganalisis dan
mengevaluasi manfaat taman lingkungan sebagai ruang publik ramah anak di
Kota Bogor, dan memberi rekomendasi pengelolaan. Penelitian dimulai pada
bulan November 2017 sampai April 2018. Metode yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan
pemberian kuisioner dengan metode purposive sampling kepada masyarakat dan
pengamatan perilaku anak di taman. Hasil analisis oleh masyarakat menunjukkan
taman yang diamati cukup baik sebagai ruang publik ramah anak. Ruang aktif
menjadi yang paling diminati ketika rekreasi di taman, karena dapat meningkatkan
aktivitas fisik anak. Hal itu berbeda dengan ruang ekologi yang dinilai belum
menstimulasi anak untuk bermain di dalamnya, karena kurangnya keterhubungan
ruang dan elemen lanskap. Agar dapat menstimulasi dan mewadahi aktivitas anak
terutama pada ruang aktif dan ruang ekologis, dibutuhkan penataan dan
pemeliharaan pada elemen lanskap di taman. Proses evaluasi yang melibatkan
masyarakat diharapkan meningkatkan kepedulian terhadap ruang serta fasilitas
publik ramah anak. Ekspektasi masyarakat terhadap ruang publik diharapkan
membangun rasa memiliki dan tanggung jawab sehingga pengelolaan berbasis
manfaat dapat lebih efektif jika dibandingkan dengan pengelolaan terpusat oleh
satu lembaga.
Collections
- UT - Landscape Architecture [1258]