Show simple item record

dc.contributor.advisorSeminar, Kudang Boro
dc.contributor.advisorSutrisno
dc.contributor.authorHartati, Sri
dc.date.accessioned2018-11-19T07:52:54Z
dc.date.available2018-11-19T07:52:54Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95193
dc.description.abstractPenelitian ini memperkenalkan algoritma K-MACS VRPTW, yaitu suatu solusi pendekatan untuk menyelesaikan permasalahan optimisasi distribusi menggunakan algoritma vehicle routing problem dengan batasan waktu (VRPTW), yaitu pengembangan dan penggabungan dari algoritma heuristic K-Means clustering dan algoritma metaheuristic multikoloni semut buatan atau multiple ant colony system (MACS) dengan bahasan utama pengiriman buah stroberi, salah satu produk yang sensitif terhadap suhu dan yang mudah rusak (TSPPs). K-MACS VRPTW terdiri dari algoritma K-Means clustering untuk pembagian dan pengelompokan data pelanggan yang berjumlah besar secara lebih cepat, dan algoritma MACS untuk membangun rute layak dan optimisasinya, yaitu hierarki dua koloni semut buatan dengan dua fungsi obyektif: koloni pertama meminimalkan jumlah kendaraan yang digunakan sementara koloni kedua meminimalkan jarak tempuh dan total waktu pengiriman. Parameter yang digunakan untuk pengelompokan metode K-Means clustering adalah jarak terpendek dari rumus Euclidean, sedangkan untuk optimisasi rute yang layak dan tidak melanggar batas waktu serta kapasitas kendaraan menggunakan perhitungan rumus Haversine. Dari percobaan serta perbandingan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan data yang sama, solusi yang dihasilkan dari model yang dibangun dengan algoritma K–MACS VRPTW menghasilkan rute dan waktu pengiriman yang lebih baik (optimal) dibandingkan solusi yang dihasilkan dari perhitungan hanya menggunakan satu algoritma-algoritma tersebut secara terpisah baik hanya menggunakan algoritma K-Means saja maupun algoritma MACS saja. Model yang dirancang untuk armada distribusi pada CV. Yan’s Fruit and Vegetables yaitu colt-L300 dan colt diesel-double (CDD) kendaraan berpendingin dengan kapasitas terbatas dan mempunyai jam kerja masing- masing 8 jam dan 12 jam-kantor, dapat menghasilkan solusi rute pengiriman yang lebih optimal dari sebelumya, serta dapat menghemat biaya distribusi dengan mengurangi kendaraan yang digunakan yang awalnya armada yang digunakan untuk pengiriman adalah berjumlah 5 kendaraan menjadi 4 kendaraan dengan jarak total lebih pendek dan waktu perjalanan lebih cepat. Untuk hasil perbandingan navigasi, uji coba dari setiap solusi rute layak yang dihasilkan dalam perhitungan algoritma tersebut telah dilakukan menggunakan aplikasi seluler navigasi gratis dengan layanan info arah dan jalur lalu-lintas Google API Direction untuk optimasi bernama Voyager. Dan dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian hasil perhitungan model yang dikembangkan dengan fasilitas Google API Direction dapat mengasilkan solusi rute kunjungan yang lebih baik dan efisien.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcInformation Technologyid
dc.subject.ddcFruit Distributionid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBogor, Jawa Baratid
dc.titleNavigation Mobile Apps Utilization and K–MACS Algorithm for VRPTW Model of Fruits Distributionid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordant colony systemid
dc.subject.keywordK–MACSid
dc.subject.keywordK–Meansid
dc.subject.keywordperishableid
dc.subject.keywordVRPTWid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record