dc.description.abstract | Industri fashion di Indonesia semakin berkembang membuat gaya hidup
masyarakat Indonesia semakin konsumtif. Menurut BPS (2016) pengeluaran
masyarakat Indonesia seperti pakaian, alas kaki, dan tutup kepala sebesar 5.96%
dan merupakan pengeluaran terbesar ketiga setelah perumahan dan fasilitas rumah
tangga serta barang dan jasa. Hal ini menyebabkan konsumen semakin selektif
dalam memilih berbagai macam merek yang tersedia Merek merupakan elemen
yang penting dalam melakukan aktivitas pemasaran karena merek merupakan
suatu ciri khas dari perusahaan dalam memasarkan produknya dan menjadikan
daya tarik konsumen untuk membeli produk dan jasa. Oleh karena itu kekuatan
merek sangat penting bagi perusahaan, sehingga konsumen adanya ketertarikan
membeli produk dan jasa tersebut. Ekuitas merek berpengaruh pada kekuatan
merek. Adanya ekuitas merek dapat mengetahui kekuatan merek dan dapat
memberikan informasi yang bermanfaat untuk dijadikan bahan pertimbangan
dalam menyusun strategi pemasaran. Bata merupakan suatu merek sepatu yang
meraih Top Brand Index pertama secara berturut-turut dari tahun 2015 sampai
tahun 2017 (Top Brand Award 2017). Meraih Top Brand Index pertama tetapi
tidak demikian dengan tingkat penjualan produknya menurun. Penjualan sepatu
Bata mengalami penurunan tiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa minat beli
terhadap produk Bata mengalami penurunan di Indonesia, jauh dengan
kenyataanya bahwa Bata merupakan Top Brand Index.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ekuitas
merek terhadap minat beli dan keputusan pembelian berdasarkan sikap konsumen
(hedonis dan utilitarian). Teknik sampling dalam penelitian ini adalah quota
purposive sampling. Total ukuran sampel adalah 200 responden. Data dianalisis
menggunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Model (SEM) versi
3.2.1 SMART PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pembelian konsumen hedonis
dipengaruhi oleh kesadaran merek, ppersepsi kualitas, asosiasi merek, dan
loyalitas merek. Minat beli berpengaruh pada pembelian saat ini dan pembelian
masa depan. Pembelian saat ini konsumen hedonis berpengaruh pada pembelian
masa depan. Minat beli konsumen utilitarian dipengaruhi oleh persepsi kualitas
dan loyalitas merek. Sementara itu, minat beli memengaruhi pembelian saat ini.
Selain itu, pembelian masa depan pada konsumen utilitarian dipengaruhi oleh
pembelian saat ini. | id |