dc.description.abstract | Bawang merah mendapat perhatian dari pemerintah karena harga yang
berfluktuasi dan ketidakstabilan harga yang terjadi pada bawang merah berakibat
pada pertumbuhan perekonomian nasional. Hal tersebut dapat dilihat dari
dampaknya yang mampu menyebabkan inflasi ataupun deflasi. Fluktuasi harga
bawang merah di tingkat petani dan konsumen mengakibatkan terciptanya marjin
pemasaran. Marjin pemasaran yang tinggi akan berdampak pada rendahnya
farmer’s share, sehingga mengindikasikan bahwa pemasaran tersebut tidak efisien
secara operasional. Fluktuasi harga yang terjadi juga dapat membuka peluang
pelaku pasar memainkan informasi harga, dimana informasi merupakan indikator
bahwa pasar tersebut terintegrasi. Sehingga tidak memadainya informasi pada suatu
pasar mengindikasikan bahwa pemasaran tersebut tidak efisien secara harga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efisiensi pemasaran
operasional dan harga pada bawang merah Kabupaten Brebes Provinsi Jawa
Tengah. Analisis efisiensi pemasaran operasional menggunakan indikator marjin
pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Analisis efisiensi
pemasaran harga menggunakan indikator integrasi pasar secara vertikal dan
horizontal. Analisis data kuantitatif menggunakan Microsoft Excel 2016 dan
Eviews 9. Data yang digunakan untuk analisis efisiensi operasional yaitu data
primer yang diperoleh dari petani dan lembaga pemasaran yang terlibat, sedangkan
untuk analisis efisiensi harga yaitu data mingguan harga bawang merah di tingkat
petani dan lembaga pemasaran yang terlibat yang diperoleh dari Badan Pusat
Statistik (BPS), Kementerian Perdagangan, dan Dinas Pertanian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis lembaga
pemasaran yaitu pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang grosir, dan
pedagang pengecer. Sebanyak 88 persen petani menjual hasil panen ke pedagang
pengumpul karena kurangnya akses terhadap permodalan, sehingga tidak dapat
melakukan aktivitas panen dan pascapanen. Analisis saluran pemasaran
menunjukkan bahwa terdapat sembilan saluran pemasaran yang terbentuk.
Penentuan saluran yang efisien dibedakan berdasarkan tujuan penjualan dimana
saluran yang efisien yaitu terdapat pada saluran pemasaran 4 (petani → pedagang
pengumpul kecamatan → pedagang grosir kabupaten → pedagang pengecer
kabupaten) untuk tujuan penjualan ke Provinsi Jawa Tengah saluran pemasaran 6
(petani → pedagang pengumpul kecamatan → pedagang pengumpul kabupaten →
pedagang grosir Lampung) untuk tujuan penjualan luar Provinsi Jawa Tengah.
Pemasaran bawang merah di Kabupaten Brebes secara garis besar sudah efisien
secara operasional.
Integrasi vertikal hanya terjadi pada jangka pendek. Integrasi antara pasar
bawang merah di Brebes dan Lampung menunjukkan bahwa harga di tingkat petani
ditransmisikan dengan baik ke pedagang grosir dan pedagang pengecer. Perubahan
harga bawang merah di tingkat pedagang grosir juga ditransmisikan ke petani,
namun perubahan harga bawang merah di tingkat pedagang pengecer tidak
ditransmisikan ke petani. Integrasi vertikal antara pasar bawang merah di Brebes
dan Jakarta juga menunjukkan bahwa harga bawang merah di tingkat pedagang
grosir memiliki pengaruh yang kuat terhadap perubahan harga di tingkat petani.
Integrasi horizontal juga menunjukkan bahwa integrasi hanya terjadi pada jangka
pendek, dimana harga bawang merah di tingkat pedagang grosir di Jakarta memiliki
pengaruh yang cukup kuat terhadap harga bawang merah di tingkat pedagang grosir
Lampung. Hal tersebut disebabkan karena pasar bawang merah di Jakarta besar dan
volume penjualan tinggi. Analisis integrasi vertikal dan horizontal menunjukkan
bahwa integrasi harga hanya terjadi pada jangka pendek. Tidak terintentegrasinya
harga bawang merah pada jangka panjang diduga disebabkan karena fluktuasi harga
bawang merah yang terjadi cukup cepat. Selain itu, terjadi asimetris informasi
antara lembaga-lembaga pemasaran. Sehingga untuk pengembangan pemasaran
bawang merah diperlukan perbaikan informasi harga dan peningkatan kesadaran
petani untuk mengakses informasi. | id |