Show simple item record

dc.contributor.advisorAvenzora, Ricky
dc.contributor.advisorTeguh, Frans
dc.contributor.authorGustiarini, Anastasia
dc.date.accessioned2018-08-29T02:57:49Z
dc.date.available2018-08-29T02:57:49Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93189
dc.description.abstractRutinitas yang dilakukan mendorong individu untuk mengalihkan kejenuhannya melalui leisure dan rekreasi saat waktu luang mereka. Televisi menjadi pilihan banyak masyarakat dalam memanfaatkan waktu luang. Penerapan waktu luang rekreasi pada gaya hidup mahasiswi menjadi fokus penelitian karena mahasiswi akan berperan sebagai ibu dan menjadi madrasah pertama dalam mendidik anak-anaknya. Terdapat tiga tayangan yang akan dianalisis serta dikaji yaitu Mata Najwa-Metro TV, Silet-RCTI, dan My Trip My Advanture-Trans TV. Analisis mencakup persepsi, motivasi, dan preferensi penonton. Content tayangan seperti apa yang mampu membuat mahasiswi menjadi penonton setia dan membuat tayangan tersebut menjadi tontonan wajib. Apakah persepsi, motivasi, dan preferensi penonton terpenuhi sehingga tidak membuang-buang waktu atau membunuh waktu sehingga tujuan rekreasi dapat tercapai. Penelitian akan memetakan karakteristik penonton dan menganalisis persepsi, motivasi, dan preferensi mereka. Responden yang merupakan mahasiswi menunjukkan perbedaan ketertarikan atas ketiga tayangan. Mahasiswa Universitas Lampung, IAIN Raden Intan Lampung, dan STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki motivasi cukup tinggi untuk menonton tayangan Mata Najwa dan My Trip My Advanture, sedangkan untuk tayangan infotainment Silet motivasi responden cenderung biasa saja. Persepsi rekreasional tertinggi untuk tayangan Mata Najwa dengan skor 6,4 terletak pada aspek penggalian informasi oleh Najwa Shihab. Persepsi rekreasional tertinggi untuk tayangan My Trip My Advanture dengan skor 5,7 terletak pada aspek penampilan host (host appereance) yang dinilai memiliki energi dan semangat petualangan, sedangkan untuk tayangan Silet responden menilai seluruh kriteria persepsi rekreasional yaitu biasa saja ditunjukkan dengan skor empat. Nilai atas preferensi terhadap waktu ditunjukkan hasil yang sama untuk ketiga tayangan yaitu ditayangan pada akhir pekan atau Sabtu-Minggu dengan jam penayangan prime time yaitu pukul 19.00-22.00. Berdasarkan karakteristik responden dari tiga universitas diperoleh hasil bahwa tidak ada hubungan antara karakteristik terhadap persepsi, motivasi, dan preferensi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagement Ecotourismid
dc.subject.ddcRecreationid
dc.subject.ddc2014id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titlePersepsi Rekreasional Penonton Perempuan Terhadap Tayangan Televisi Indonesia (Home Based Recreational Indoor Leisure).id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordIndoor Recreationid
dc.subject.keywordTelevision Showid
dc.subject.keywordFemaleid
dc.subject.keywordPerceptionid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record