dc.description.abstract | Munculnya kesadaran akan isu lingkungan telah memicu sektor industri
untuk menciptakan konsep pemasaran yang mempromosikan isu lingkungan atau
lebih dikenal dengan green poduk. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk
menguji pengaruh green products terhadap minat beli konsumen pada Mahasiswa
di Indonesia dan Malaysia dan (2) membandingkan pengaruh green products
terhadap minat beli konsumen pada Mahasiswa di Indonesia dan Malaysia.
Penelitian ini dilakukan di Malaysia dan Indonesia. Survei kuesioner telah
dilakukan pada 208 responden di Indonesia & Malaysia. Data dianalisis dengan
deskriptif, cross tabulation, dan Structural Equation Modeling Partial Least Square
(SEM-PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik di Indonesia maupun di
Malaysia, green products mempengaruhi citra merek, sikap konsumen dan minat
beli. Namun terjadi perbedaan pada citra merek dan sikap konsumen terhadap minat
beli. Di Indonesia, citra merek tidak berpengaruh terhadap minat beli, sedangkan
Malaysia citra merek berpengaruh terhadap minat beli. Selain itu, di Indonesia sikap
konsumen berpengaruh terhadap minat beli, sedangkan di Malaysia sikap
konsumen tidak berpengaruh terhadap minat beli. Di Indonesia, minat beli lebih
dipengaruhi oleh green products, sedangkan di Malaysia, minat beli lebih
dipengaruhi oleh citra merek | id |