Show simple item record

dc.contributor.advisorBahruni
dc.contributor.authorWicahyo, Priyandi Prawiro
dc.date.accessioned2018-04-20T07:05:20Z
dc.date.available2018-04-20T07:05:20Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92025
dc.description.abstractKegiatan pemasaran komoditi yang dihasilkan dari hutan rakyat,menjadi instrumen yang perlu diperhatikan, karena sebagian besar pelaku hutan rakyat belum mempunyai pengetahuan mengenai konsep pemasaran yang efisien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan menghitung marjin dan efisiensi pemasaran hasil hutan rakyat di Desa Mrayan. Penelitian dilakukan pada 95 petani responden, 9 pedagang pengumpul Desa, 4 pedagang besar serta 3 industri penggergajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran komoditi HHBK dan 2 saluran pemasaran kayu pinus. Pemasaran HHBK melibatkan petani hutan, pedagang pengumpul Desa, dan pedagang besar. Pemasaran kayu rakyat melibatkan petani hutan, tengkulak desa atau Forest Management Unit (FMU) Enggal Mulyo, dan industri penggergajian. Saluran pemasaran HHBK yangpaling efisien adalah saluran 2 karena memiliki nilai farmer’s shareyang lebih tinggi, nilai marjin total yang rendah. Pemasaran kayu rakyat yang terjadi tidak efisien karena total keuntungan yang diperoleh lebih kecil daripada biaya yang harus dikeluarkan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcForest Managementid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcPonorogo, Jawa Timurid
dc.titleAnalisis Sistem Pemasaran Hasil Hutan Rakyat di Desa Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogoid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordmarjin pemasaranid
dc.subject.keywordfarmer’s shareid
dc.subject.keywordefisiensi pemasaranid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record