Show simple item record

dc.contributor.advisorMuljono, Pudji
dc.contributor.advisorSitanggang, Imas Sukaesih
dc.contributor.authorRachmawati
dc.date.accessioned2018-04-18T07:54:57Z
dc.date.available2018-04-18T07:54:57Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91537
dc.description.abstractLiterasi informasi merupakan keterampilan yang diperlukan dalam pembelajaran abad 21. Menyadari hal ini, beberapa pustakawan sekolah mulai menerapkan program literasi informasi di perpustakaan sekolahnya. Penerapan program literasi informasi juga telah dijadikan standar perpustakaan sekolah oleh Perpustakaan Nasional RI. Sebagaimana halnya sebuah program kerja, program literasi informasi perlu dievaluasi. Salah satu metode untuk mengevaluasi penerapan program literasi informasi di perpustakaan sekolah adalah melalui asesmen kompetensi literasi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun standar literasi informasi untuk siswa sekolah di Indonesia dan merancang sistem asesmen literasi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah teknik Delphi. Pengumpulan data dilakukan melaui kuesioner dengan dua iterasi. Panelis penelitian ini terdiri dari 9 orang ahli yang merupakan pustakawan sekolah sebanyak 3 orang, guru/dosen sebanyak 2 orang dan peneliti literasi informasi sebanyak 4 orang. Penelitian ini berhasil merumuskan standar literasi informasi yang terdiri dari 6 standar, yaitu perumusan kebutuhan informasi, akses terhadap informasi, pengorganisasian informasi, etika penggunaan informasi, penyampaian informasi dan kompentensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan 38 indikator. Standar dan indikator ini kemudian dijadikan dasar untuk menyusun butir asesmen literasi informasi. Butir asesmen terdiri dari 25 soal yang dikelompokkan dalam 5 kategori, yaitu perumusan kebutuhan informasi, akses informasi, organisasi informasi, etika penggunaan informasi dan kompetensi penyampaian informasi serta penggunaan Teknologi Inormasi dan Komunikasi. Perancangan sistem asesmen literasi informasi mengacu pada kebutuhan fungsi utama sistem yaitu untuk melakukan asesmen atas kompetensi literasi informasi siswa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan beberapa fungsi sistem, yaitu 1) login, 2) kelola user, 3) kelola butir asesmen, 4) kelola siswa, 5) kelola sesi asesmen, 6) pengolahan hasil asesmen dan 8) laporan hasil asesmen. Perancangan sistem dilakukan sampai pada tahap perancangan logis dengan membuat model yang terdiri dari Diagram Alir Proses Asesmen Literasi Informasi, Diagram Alur Data dan Entity-Relationship Diagram.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcLibraryid
dc.subject.ddcInformation literacyid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titlePerancangan Sistem Asesmen Literasi Informasiid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordasesmen literasi informasiid
dc.subject.keywordperancangan sistemid
dc.subject.keywordstandar kompetensiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record