dc.description.abstract | Saat ini kebutuhan informasi oleh masyarakat disebarluaskan melalui media
online. Berbagai cara untuk mendapatkan informasi dapat dilakukan dengan
mudah karena kemajuan teknologi internet yang dapat memberikan akses bagi
seseorang dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Altmetrics merupakan studi
baru tentang pengukuran berdasarkan pemanfaatan media sosial dalam proses
menganalisis dan menginformasikan sebuah artikel. Sebagian besar penelitian
yang menggunakan altmetrics sebagai alat ukur adalah kajian studi ilmiah. Dalam
penelitian ini dilakukan analisis coverage Facebook terhadap users di situs
bola.com berdasarkan tanggal publikasi dari Januari - Mei 2016 dan jenis berita
pada website bola.com. Bola.com dipilih karena merupakan situs khusus untuk
berita olahraga no.2 di Indonesia versi Alexa.com pada periode Januari 2016 –
Agustus 2017.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis coverage
berdasarakan data altmetrics. Terutama pada data Facebook share untuk
mengetahui popularitasnya terhadap situs Bola.com dan menganalisa korelasi
antara data Altmetrics Facebook dengan pageviews yang dihasilkan oleh website
Bola.com. Meskipun Altmetrics merupakan sebuah studi baru tentang pengukuran
dan merupakan turunan dari Bibliometrics, Altmetrics ini telah memberikan
dampak yang signifikan dalam menganalisa pembaca suatu artikel. Dari hasil
prediksi dan analisa yang didapat diharapkan publisher dapat lebih mengutamakan
kebutuhan penggunanya untuk memberikan artikel–artikel jenis apa saja yang
dicari oleh pengguna. Dipilihnya pendekatan penelitian dengan kajian altmetrics
ini karena proses analisa yang cepat dan biaya yang dikeluarkan rendah.
Altmetrics muncul pada tahun 2010. Perkembangan altmetrics didasari
dengan munculnya world wide web pada tahun 1990, pada saat penerbit jurnal
mulai merambah ke dunia online. Perpustakaan yang berlangganan dengan sebuah
jurnal, dengan adanya perkembangan internet dan jurnal online, juga memberikan
impak yang cukup besar dengan memfokuskan akses online terhadap sebuah
jurnal, melalui Google, akademik website, blog, dan akses digital lain, yang akan
memunculkan informasi secara menyeluruh.
Penelitian ini menggunakan metadata facebook analytics dari artikel-artikel
Bola.com yang ada pada Facebook Bola.com. Data yang diperoleh dari metadata
website Bola.com ini didominasi dengan data numerik terhadap performa
Bola.com. Data tersebut adalah data dari artikel yang berasal dari website
Bola.com dan data halaman resmi Facebook Bola.com. Metadata yang digunakan
dalam penelitian ini adalah berasal dari Google Analytics dan Facebook
Analytics.
Hasil Coverage Facebook menunjukkan peningkatan jumlah share konten
pada bulan april 2016 meningkat dibandingkan bulan lainnya. Pada bulan april
2016 peningkatan jumlah share mencapai 71% dibandingkan dengan bulan
lainnya. Pada artikel yang terdapat pada website Bola.com yang diterbitkan pada
bulan Januari – Mei 2016, mengalami penurunan dan kenaikan terhadap coverage
di halaman resmi Facebook Bola.com hingga bulan Mei 2016. Channel Indonesia
yang ada pada website Bola.com berisi tentang olahraga sepak bola yang berasal
dari Indonesia, memiliki coverage tertinggi sebesar 93% pada bulan Januari 2016
dan meningkat kembali 84% pada April 2016 yang telah terjadi penurunan
sebelumnya. Pada bulan Mei 2016, coverage Facebook merata di antara 69%
hingga 74%.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat tingkat korelasi sedang yaitu
sebesar 0.5 antara jumlah share, comment, dan like pada Facebook dengan kinerja
website Bola.com. Hasil ini menunjukkan bahwa konten yang dibagikan (share),
comment, dan like pada Facebook tidak semua memiliki korelasi yang positif.
Sebagian besar yang mendapatkan korelasi positif berarti konten yang dibagikan
(share) di Facebook memiliki hubungan positif terhadap pageviews yang
dihasilkan oleh Bola.com. Aktivitas Bola.com dengan jumlah share, comment dan
like pada Facebook tidak begitu berpengaruh terhadap coverage Facebook.
Diharapkan Bola.com lebih meningkatkan kualitas dari artikel yang diterbitkan
dan dibagikan (share) pada Facebook | id |