Pengaruh Motivasi dan Perilaku Pembaca Terhadap Keputusan Dosen IPB Dalam Membaca Media Online
View/ Open
Date
2017Author
Ariani, Annestie
Sarma, Mamun
Najib, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Saat ini industri media cetak mengalami masalah serius. Perkembangan
teknologi di bidang komunikasi dan informasi telah menyebabkan media online
tumbuh dengan cepat menggantikan fungsi media cetak. Pertumbuhan media
online mendorong industri media cetak mengubah produk mereka menjadi versi
online, bahkan beberapa perusahaan berhenti cetak dan tidak berproduksi lagi.
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengaruh motivasi pembaca
terhadap keputusan membaca media online (2) menganalisis pengaruh motivasi
pembaca terhadap perilaku membaca media cetak (3) menganalisis pengaruh
motivasi pembaca terhadap perilaku membaca media online (4) menganalisis
pengaruh perilaku membaca media cetak terhadap keputusan membaca media
online (5) menganalisis pengaruh perilaku membaca media online terhadap
keputusan membaca media online. Penelitian ini dilakukan di Institut Pertanian
Bogor terhadap 92 dosen IPB sebagai responden penelitian. Teknik proportional
stratified random sampling digunakan dalam penelitian ini. Structural Equation
Model (SEM) berbasis Smart PLS versi 2.0 dengan 4 variabel laten yang terdiri
dari motivasi pembaca, perilaku membaca media cetak, perilaku membaca media
online dan keputusan membaca media online digunakan dalam penelitian ini
untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi
pembaca mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan membaca media
online (2) motivasi pembaca mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku
membaca media cetak (3) motivasi pembaca mempunyai pengaruh signifikan
terhadap perilaku membaca media online (4) perilaku membaca media cetak tidak
mempunyai pengaruh terhadap keputusan membaca media online (5) perilaku
membaca media online tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan membaca
media online.
Collections
- MT - Economic and Management [2877]