Model Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Siswa dan Orang Tua (Studi Kasus Pada Layanan Online Web di SMK Negeri 1 Kota Bogor).
View/ Open
Date
2017Author
Pramono, Setio
Sarma, Ma'mun
Munandar, Jono Mintarto
Metadata
Show full item recordAbstract
Proses pembelajaran pada pendidikan menengah dan kejuruan di SMK Negeri 1 Kota Bogor telah memanfaatkan jasa layanan online website sekolah dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Penggunaan layanan online web sekolah merupakan amanat penting dari Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 mengenai standar proses pendidikan dasar dan menengah untuk menggunakan sarana internet yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan web sekolah di SMK Negeri 1 Kota Bogor terutama agar pemberian informasi penting yang dibutuhkan siswa dan orang tua dapat tersampaikan. Penelitian mengenai jasa layanan online web sekolah ini perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh manakah layanan tersebut dapat memberikan kepuasan dan loyalitas bagi para siswa orang tua siswa sebagai penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk (tampilan laman) dan kepuasan terhadap loyalitas siswa dan orang tua. Sample dalam penelitian ini sejumlah 290 orang siswa dan 290 orang tua siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor. Metode pengambilan sample menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling, pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner, sedang data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dari berbagai sumber yang tersedia (internet, literatur-literatur, buku-buku dan bahan perpustakaan lainnya, serta data-data yang terkait penelitian yang bersumber dari sekolah maupun Dinas Pendidikan Kota Bogor), analisis data menggunakan software SmartPLS 3.2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas siswa, kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas siswa, serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua. Sedangkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas orang tua tidak signifikan.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]