Preferensi Konsumen dan Strategi Pemasaran Puree Bayam Organik (Studi Kasus: CV. Addin Abadi Bogor).
View/ Open
Date
2017Author
Puspasari, Ernita Dian
Sarma, Ma'mun
Najib, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Sektor pertanian merupakan sektor yang memiliki peranan strategis dalam
struktur perekonomian di Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki
kondisi alam yang mendukung sehingga dapat menghasilkan produk-produk
pertanian. Salah satu hasil pertanian yang cukup potensial dan bayak diminati
konsumen di Indonesia adalah sayuran organik. Hal tersebut dikarenakan semakin
tingginya kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi produk-produk berbasis
organik. Salah satu komoditas sayuran organik yang paling banyak dikonsumsi
adalah bayam organik. Saat ini seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk,
konsumsi masyarakat juga menjadi semakin beragam. Sehingga menyebabkan
terciptanya peluang untuk memproduksi produk baru. Tujuan dari penelitian ini
yaitu: (1) menganalisis preferensi konsumen pada produk puree bayam organik,
serta (2) memformulasikan strategi pemasaran yang tepat pada produk puree
bayam organik.
Penelitian dimulai dengan melakukan pengambilan data primer pada aspek
pengolahan dan pengembangan produk yang dilakukan pada bulan Februari-April
2016 di CV. Addin Abadi. Selanjutnya pengujian atribut pada produk yang
meliputi rasa dan kemasan dilakukan di Kedai Mitra CV. Addin Abadi Mei-
Agustus 2016. Yang terakhir adalah melakukan pengisian kuesioner terkait
formulasi strategi pemasaran dilakukan oleh para pakar. Pada penelitian ini
analisis yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, analisis konjoin untuk
mengetahui preferensi, serta analisis hirarki proses untuk memformulasikan
strategi pemasaran yang tepat bagi produk baru puree bayam organik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 96 responden dari 100 orang
keseluruhan responden yang digunakan sebagai sampel mengaku tertarik pada
produk baru tersebut. Hasil analisis preferensi konsumen menggunakan konjoin
analisis menunjukkan bahwa atribut kemasan merupakan atribut yang paling
dipentingkan bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Sedangkan
untuk kombinasi terbaik dalam pilihan atribut didapatkan hasil yaitu puree bayam
organik dengan rasa melon dan kemasan cup. Menurut hasil AHP yang telah
dilakukan, strategi memperkuat kerjasama atau hubungan antar mitra bisnis
merupakan alternatif strategi yang menjadi prioritas pada pemasaran puree bayam
organik di CV. Addin Abadi.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]