Show simple item record

dc.contributor.advisorRustiadi, Ernan
dc.contributor.advisorHariyoga, Himawan
dc.contributor.authorChandra, Aradea
dc.date.accessioned2018-01-08T04:07:58Z
dc.date.available2018-01-08T04:07:58Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88553
dc.description.abstractKebijakan desentralisasi fiskal memberikan otonomi kepada setiap daerah untuk mengelola keuangan daerahnya, termasuk untuk menggali potensi peningkatan pendapatan asli daerahnya. Retribusi pelayanan pasar merupakan salah satu jenis retribusi yang potensial sebagai sumber pendapatan asli daerah Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk: mengukur kinerja retribusi pelayanan pasar, menganalisis persepsi pedagang terhadap pelaksanaan pemungutan retribusi, dan merumuskan strategi untuk meningkatkan penerimaan retribusi pelayanan pasar. Data primer diperoleh dari wawancara dengan responden pedagang dan pejabat instansi terkait. Responden dipilih dengan metode nonprobability sampling. Metode analisis yang digunakan untuk masing-masing tujuan adalah: analisis kinerja keuangan daerah, analisis statistika deskriptif, dan proses hirarki analitik (analytical hierarchy process). Berdasarkan analisis kinerja keuangan daerah, secara umum kinerja retribusi pelayanan pasar Kota Serang tahun 2009 sampai 2015 termasuk kategori kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata efektivitas retribusi pelayanan pasar di Kota Serang yang hanya sebesar 66.26%, tingkat pertumbuhan rata-ratanya yang sebesar 33.55% dan cenderung fluktuatif, serta kontribusinya yang sangat kecil terhadap retribusi daerah (rata-rata 5.56%). Menurut persepsi pedagang, upaya pelaksanaan pemungutan retribusi pelayanan pasar yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Serang belum bisa dikatakan cukup baik. Beberapa aspek yang perlu segera diperbaiki adalah pelaksanaan dan pengawasan pemungutan retribusi, dan kondisi fasilitas pendukung lainnya. Penerbitan petunjuk teknis pelaksanaan pemungutan retribusi pelayanan pasar merupakan strategi prioritas yang perlu dilaksanakan oleh pemerintah Kota Serang agar penerimaan retribusi pelayanan pasar dapat terus ditingkatkan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcServicesid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcKota Serangid
dc.titleStrategi Peningkatan Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Kota Serang.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordkinerja keuangan pemerintah daerahid
dc.subject.keywordKota Serangid
dc.subject.keywordretribusi pelayanan pasarid
dc.subject.keywordstrategi peningkatan penerimaan retribusiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record