Kontribusi Makanan Sepinggan dalam Pemenuhan Kebutuhan Gizi Siswa SMP-SMA (Studi Kasus pada Salah Satu Kantin Sekolah di Jakarta)
View/ Open
Date
2017Author
Andesko, Ros Maria
Palupi, Nurheni Sri
Faridah, Didah Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebutuhan gizi remaja untuk mendukung pertumbuhan fisik, kognitif dan
perilaku mereka saat berada di lingkungan sekolah dapat dipenuhi melalui Pangan
Jajanan Anak Sekolah (PJAS). Salah satunya adalah makanan sepinggan yaitu
makanan yang disajikan dalam satu piring terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk
dan sayur. Makanan sepinggan yang dijual di sekolah diharapkan memenuhi (80-
120)% dari 1/3 Angka Kecukupan Gizi (AKG) siswa SMP-SMA, agar tidak
menimbulkan masalah gizi kurang atau gizi lebih yang dapat menimbulkan
penyakit dan mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan siswa. Oleh karena
itu kantin sekolah mempunyai peranan penting untuk menyediakan makanan
bergizi seimbang tersebut.
Penelitian dilakukan pada salah satu kantin sekolah di Jakarta yang menjual
menu makanan sepinggan budaya nasional berjumlah 30.69% (n=30) dan
regional-internasional 69.31% (n=68). Tujuan penelitian untuk (1)
mengidentifikasi makanan sepinggan kesukaan siswa SMP-SMA, (2) menghitung
kandungan karbohidrat, protein, lemak, energi, vitamin A dan zat besi dalam
makanan sepinggan, (3) mengevaluasi pemenuhan gizi makanan sepinggan, (4)
membandingkan hasil evaluasi pemenuhan gizi kelompok makanan sepinggan
kesukaan SMP dengan SMA, makanan sepinggan budaya nasional dengan budaya
regional-internasional.
Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner untuk data
makanan sepinggan kesukaan; penimbangan dan informasi dari penjaja makanan
untuk data berat atau komposisi makanan sepinggan. Perhitungan gizi dilakukan
dengan metode konversi berat makanan atau komposisinya menjadi berat zat gizi
dengan acuan dari Tabel Komposisi Pangan Indonesia 2009 (TKPI), Informasi
Kandungan Gizi Pangan Jajanan Anak Sekolah BPOM 2013 (IKGPJAS), dan
ASEAN Food Composition Database 2014 (AFCD). Evaluasi pemenuhan gizi
makanan sepinggan kemudian dilakukan dengan membandingkan nilai gizi
terhadap standar kebutuhan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peringkat lima besar makanan kesukaan
siswa SMP adalah chicken steak, pizza, nasi chicken katsu, bakso dan pasta.
Peringkat lima besar makanan sepinggan kesukaan siswa SMA adalah chicken
steak, nasi beef bulgogi, bakso, masakan Padang, gado-gado. Makanan sepinggan
berjumlah 98, memiliki rata-rata kandungan karbohidrat (57.0±20.4 g), protein
(16.6±5.7 g), lemak (16.9±9.1 g), energi (454±147 kkal), vitamin A (134±111
mcg) dan zat besi (3.0±1.7 mg). Lebih dari 56% makanan sepinggan berkontribusi
kurang dalam pemenuhan kebutuhan masing-masing zat gizi. Empat makanan
sepinggan kesukaan SMP dari peringkat lima besar, berkontribusi baik dalam
pemenuhan kebutuhan protein kecuali pizza. Empat makanan sepinggan kesukaan
SMA berkontribusi baik dalam pemenuhan zat besi kecuali chicken steak.
Makanan sepinggan budaya nasional mempunyai nilai rata-rata kandungan
karbohidrat (53.2±17.9 g), protein (17.9±6.0 g), lemak (15.3±7.7 g) dan energi
(427±142 kkal), vitamin A (139±130 mcg) dan zat besi (4.5±2.1 mg). Makanan
sepinggan budaya regional-internasional mempunyai nilai rata-rata kandungan
karbohidrat (58.7±21.2 g), protein (16.1±5.7 g), lemak (17.7.0±9.8 g) dan energi
(466±146 kkal), vitamin A (131±103 mcg) dan zat besi (2.3±1.3 mg).
Disimpulkan bahwa siswa SMP dan SMA sama-sama menyukai chicken
steak dan bakso. Makanan sepinggan kesukan siswa SMP dipengaruhi oleh
budaya regional-internasional dan siswa SMA lebih menyukai makanan budaya
nasional. Sebagian besar makanan sepinggan berkontribusi kurang pada
pemenuhan gizi sehingga diperlukan program perbaikan menu. Makanan budaya
nasional mempunyai nilai rata-rata kandungan protein, vitamin A dan zat besi
lebih tinggi dibandingkan makanan budaya regional-internasional. Sebaliknya,
nilai rata-rata kandungan lemak dan energi makanan sepinggan budaya regionalinternasional
lebih tinggi dibandingkan budaya nasional.
Collections
- MT - Professional Master [907]
