Pengendalian Manajemen Pengaduan Layanan Kesehatan Puskesmas Kota Tangerang Selatan
Abstract
Prioritas utama dalam upaya perbaikan layanan kesehatan di 25 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Selatan adalah kurang baiknya maklumat pelayanan dan penanganan pengaduan. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Selatan sebanyak 35% dinilai masih kurang baik dan perlu perbaikan. Sementara itu 57% penanganan pengaduan layanan kesehatan di Kota Tangerang Selatan termasuk Kategori Tidak Baik (15%) dan Kurang Baik (42%).
Penelitian bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaduan masyarakat dan kinerja penanganan pengaduan pada Puskesmas; (2) Menganalisis tingkat kepentingan dan kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan publik kesehatan di Kota Tangerang Selatan; dan (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi status kinerja manajemen pengaduan masyarakat dalam layanan kesehatan di Kota Tangerang Selatan.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner yang dilaksanakan dari bulan September 2015 sampai Desember 2015. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Customer Satisfication Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan regresi logistik.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menggunakan metode crosstab, pengukuran kinerja penanganan pengaduan layanan kesehatan Puskesmas Kota Tangerang Selatan diketahui sebanyak 14 pengaduan (66.67%) dinilai baik dan sangat baik penanganannya dan sekitar 7 pengaduan (33.33%) dinilai kurang baik penanganannya. Pengukuran tingkat kepentingan dan kepuasan masyarakat terhadap kualitas penanganan pengaduan di Puskesmas Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan metode Customer Satisfication Indeks (CSI) diketahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terkait penanganan pengaduan di Puskesmas Kota Tangerang Selatan termasuk kategori baik (2.51-3.25) dengan nilai IKM rata-rata 2.93. Puskesmas yang dinilai responden memiliki kinerja penanganan pengaduan sangat baik (3.25-4.00), yaitu Puskesmas Serpong 1 (3.26) dan Puskesmas Rengas (3,29). Hasil pengujian persamaan model regresi logistik diketahui bahwa persamaan model untuk mengukur kinerja manajemen pengaduan layanan kesehatan Puskesmas Kota Tangerang Selatan adalah sebagai berikut: Ln P/1-P = -6.156 + 2.001 X11, dimana X11 adalah Manajemen Data.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]