dc.description.abstract | Pengukuran kinerja adalah alat yang berguna untuk mengontrol, memantau,
dan meningkatkan proses kinerja yang melibatkan berbagai komponen yang tidak
hanya meningkatkan proses kinerja tetapi juga menyampaikan informasi yang
baik terhadap sudut pandang. Salah satu sistem yang memerlukan pengukuran
kinerja adalah Evaluasi Proses Belajar Mengajar (EPBM) online IPB.
EPBM online IPB adalah salah satu isu penting dalam peningkatan kinerja
yang mempunyai kualitas yang baik dalam penyampaian informasi dan layanan
pengukuran. Faktor-faktor yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja EPBM
online IPB dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu mahasiswa tidak
dapat mengisi EPBM karena tidak updatenya mata kuliah yang dapat diakses,
sehingga berpengaruh pada informasi yang ditampilkan pada website dan
pengguna yang membuat KRS menjadi terblokir. Pengukuran kinerja dilakukan
terhadap fakta-fakta yang ada, oleh sebab itu pengukuran kinerja berperan penting
bagi peningkatan untuk kemajuan kearah yang lebih baik. EPBM dilakukan agar
tetap sustainable dengan salah satu metode pengukuran kinerja yang digunakan
adalah IT Balanced Scorecard (IT BSC).
IT BSC merupakan instrumen yang menilai kinerja EPBM secara online
berdasarkan empat perspektif, diantaranya perspektif kontribusi organisasi,
orientasi pengguna, keunggulan operasional, dan orientasi masa depan.
Penelitian pengukuran kinerja EPBM online ini dilakukan untuk
meningkatkan layanan pada EPBM online. Pengukuran dapat dilakukan dengan
mengukur kinerja sistem berdasarkan pengguna. Pengukuran kinerja diukur
dengan menggunakan IT BSC dan fuzzy linguistic. Adapun fuzzy linguistic
digunakan untuk membangun model dalam mengambil keputusan berdasarkan
perspektif dan memperbaiki proses terhadap nilai kinerja EPBM online. Data yang
digunakan pada penelitian ini adalah data dari pakar dan mahasiswa.
Hasil menunjukkan bahwa perspektif orientasi pengguna menghasilkan
nilai kinerja tertinggi 0.7. Hal ini karena perspektif orientasi pengguna
mendukung di tiga perspektif lainnya. Hasil tersebut sesuai dengan konsep IT
BSC dalam Strategi Map, bahwa untuk mencapai nilai kinerja stakeholder
diperlukan suatu penilaian kinerja yang komprehensif, koheren, seimbang dan
terukur. Hasil ini dapat membantu pengambilan keputusan untuk fokus pada
pekerjaan berdasarkan indikator kinerja pada nilai tertinggi. Hasil dari pengukuran
fuzzy linguistic pada sistem berada dalam rentang antara 0.5 dan 0.9, yang
menunjukkan kinerja model dengan klasifikasi linguistic 'baik'. | id |