Show simple item record

dc.contributor.advisorBuono, Agus
dc.contributor.advisorSitanggang, Imas Sukaesih
dc.contributor.authorWulandari, Berlina
dc.date.accessioned2017-08-07T06:35:47Z
dc.date.available2017-08-07T06:35:47Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87678
dc.description.abstractPengukuran kinerja adalah alat yang berguna untuk mengontrol, memantau, dan meningkatkan proses kinerja yang melibatkan berbagai komponen yang tidak hanya meningkatkan proses kinerja tetapi juga menyampaikan informasi yang baik terhadap sudut pandang. Salah satu sistem yang memerlukan pengukuran kinerja adalah Evaluasi Proses Belajar Mengajar (EPBM) online IPB. EPBM online IPB adalah salah satu isu penting dalam peningkatan kinerja yang mempunyai kualitas yang baik dalam penyampaian informasi dan layanan pengukuran. Faktor-faktor yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja EPBM online IPB dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu mahasiswa tidak dapat mengisi EPBM karena tidak updatenya mata kuliah yang dapat diakses, sehingga berpengaruh pada informasi yang ditampilkan pada website dan pengguna yang membuat KRS menjadi terblokir. Pengukuran kinerja dilakukan terhadap fakta-fakta yang ada, oleh sebab itu pengukuran kinerja berperan penting bagi peningkatan untuk kemajuan kearah yang lebih baik. EPBM dilakukan agar tetap sustainable dengan salah satu metode pengukuran kinerja yang digunakan adalah IT Balanced Scorecard (IT BSC). IT BSC merupakan instrumen yang menilai kinerja EPBM secara online berdasarkan empat perspektif, diantaranya perspektif kontribusi organisasi, orientasi pengguna, keunggulan operasional, dan orientasi masa depan. Penelitian pengukuran kinerja EPBM online ini dilakukan untuk meningkatkan layanan pada EPBM online. Pengukuran dapat dilakukan dengan mengukur kinerja sistem berdasarkan pengguna. Pengukuran kinerja diukur dengan menggunakan IT BSC dan fuzzy linguistic. Adapun fuzzy linguistic digunakan untuk membangun model dalam mengambil keputusan berdasarkan perspektif dan memperbaiki proses terhadap nilai kinerja EPBM online. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data dari pakar dan mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa perspektif orientasi pengguna menghasilkan nilai kinerja tertinggi 0.7. Hal ini karena perspektif orientasi pengguna mendukung di tiga perspektif lainnya. Hasil tersebut sesuai dengan konsep IT BSC dalam Strategi Map, bahwa untuk mencapai nilai kinerja stakeholder diperlukan suatu penilaian kinerja yang komprehensif, koheren, seimbang dan terukur. Hasil ini dapat membantu pengambilan keputusan untuk fokus pada pekerjaan berdasarkan indikator kinerja pada nilai tertinggi. Hasil dari pengukuran fuzzy linguistic pada sistem berada dalam rentang antara 0.5 dan 0.9, yang menunjukkan kinerja model dengan klasifikasi linguistic 'baik'.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcComputer scienceid
dc.subject.ddcComputer programmingid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleModel Pengukuran Kinerja EPBM Online IPB menggunakan Balanced Scorecard dengan Pendekatan Fuzzy Linguisticid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordEPBMid
dc.subject.keywordfuzzy linguisticid
dc.subject.keywordIT balanced scorecardid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record