Show simple item record

dc.contributor.advisorHermadi, Irman
dc.contributor.advisorAgusta, Ivanovich
dc.contributor.authorNalendra, Vidy
dc.date.accessioned2017-07-04T02:49:13Z
dc.date.available2017-07-04T02:49:13Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87445
dc.description.abstractPengembangan manajemen pendidikan yang diikuti oleh penggunaan teknologi informasi diperlukan oleh pendidikan tinggi untuk semakin mengembangkan pelayanan dan proses bisnisnya. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) merupakan departemen yang berada di Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor membuat suatu sistem untuk mampu menjawab kebutuhan tersebut. Pengembangan sistem diarahkan ke pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang bersifat interaktif dan dikembangkan untuk menyediakan informasi seputar masalah akademik. SIMAK SKPM (selanjutnya akan disebut Simak) masih mempunyai kendala dari sisi keaktifan penggunanya, yaitu: Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan (Administrasi) Departemen SKPM. Kendala yang kerap terjadi bagi pengguna mahasiswa ialah kurang aktifnya mahasiswa dalam berkomunikasi melalui Simak dengan dosen pembimbingnya. Kendala yang kerap terjadi bagi dosen adalah ada beberapa dosen yang kurang atau tidak merespon notifikasi pesan untuk bimbingan yang diberikan oleh mahasiswa melalui Simak. Kendala yang kerap terjadi bagi tenaga kependidikan adalah lambatnya pembaruan data yang terkait dengan administrasi. Penelitian ini melakukan evaluasi Simak yang berjalan pada Departemen SKPM. Evaluasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah Simak yang saat ini digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Analisis pengukuran ICT Literacy dan Analisis Usability sistem dijadikan suatu pendekatan untuk memecahkan kendala-kendala yang ada bagi pengguna Simak. Kedua pendekatan analisis tersebut yang akan menjadi batasan dalam penelitian ini. Penelitian ini akan menghasilkan suatu pengukuran ICT Literacy pengguna dalam menggunakan Simak. Elemen ICT Literacy yang diukur adalah Access, Manage, Integrate, Evaluate, Create, dan Communicate. Penelitian ini juga akan melakukan pengujian Web Usability, komponen yang akan diuji adalah Accessibilty, Identity, Navigation dan Content dari Simak. Rekomendasi yang diperoleh dari pengujian Simak, ialah perlunya peningkatan ICT Literacy melalui pembaharuan sistem dan pelatihan-pelatihan yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan ICT pengguna Simak. Perlunya pengoptimalan Web Usability pada komponen Accesibility, terutama yang terkait dengan waktu loading Simak.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcComputer scienceid
dc.subject.ddcCommunicationid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcBogor, Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Information and Communication Technology (ICT) Literacy dan Web Usability Terhadap Sistem Informasi Manajemen Akademikid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordSIMAKid
dc.subject.keywordICT Literacyid
dc.subject.keywordWeb Usabilityid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record