Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Isyarat Tangan Nada Angklung Diatonis Menggunakan Intel Realsense
Abstract
Angklung diatonis merupakan alat musik yang dapat dimainkan secara
interaktif. Permainan angklung interaktif membutuhkan seorang dirigen yang dapat
memberikan arahan nada kepada seluruh pemain. Metode yang paling umum
digunakan oleh dirigen angklung adalah metode isyarat tangan nada angklung yang
dikembangkan oleh Udjo Ngalagena. Aplikasi yang menerapkan user experience
permainan angklung interaktif dapat mendukung pembelajaran metode isyarat
tangan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan aplikasi pembelajaran isyarat
tangan nada angklung sesuai dengan user experience permainan angklung interaktif
menggunakan Intel RealSense. Intel RealSense digunakan untuk menangkap
masukan kombinasi gerakan tangan. User experience dirancang menggunakan
metode lean UX melalui dua prototipe, yaitu prototipe medium-fidelity dan
prototipe high-fidelity. Prototipe medium-fidelity dievaluasi menggunakan think
aloud dan menghasilkan satu respon negatif dari stakeholder. Sementara itu,
evaluasi prototipe high-fidelity menghasilkan success rate sebesar 82.8%. Dari 22
sub-task yang gagal, 14 di antaranya disebabkan oleh kesalahan pembacaan kamera
Intel RealSense.
Collections
- UT - Mathematics [1365]