Perancangan User Experience Pebisnis Pada Sistem Pemasaran Waralaba Produk Umkm Menggunakan Metode Five Planes
Abstract
Indonesia memiliki banyak UMKM yang memiliki produk yang
diwaralabakan, namun di Indonesia belum banyak wadah untuk menjual waralaba
tersebut secara online. Penelitian ini berfokus pada pengembangan user
experience (UX) sistem pemasaran waralaba produk UMKM menggunakan
metode five plane user experience elements. Pengembangan diawali dengan
analisis kebutuhan pengguna dan tujuan bisnis stakeholder pada bagian strategy
plane. Pada bagian scope plane, penentuan fitur dan spesifikasi fungsional
dilakukan. Perancangan interaksi dan analisis task menggunakan hierarchical
task analysis (HTA) dilakukan pada structure plane. Prototipe low fidelity dan
medium fidelity dibuat pada bagian skeleton plane dan surface plane. Evaluasi
dilakukan dengan menggunakan 247 poin web usability guidelines dan usabillity
testing dengan teknik task success. Total rata-rata nilai pemenuhan guidelines
untuk medium fidelity adalah 79%, sedangkan hasil dari usabillity testing
menghasilkan 8 task yang berhasil dilakukan dan 1 task yang tidak berhasil
dilakukan.
Collections
- UT - Computer Science [2322]