Show simple item record

dc.contributor.advisorSundawati, Leti
dc.contributor.authorKoridama, Mega Tirza
dc.date.accessioned2017-05-04T06:27:22Z
dc.date.available2017-05-04T06:27:22Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84304
dc.description.abstractHasil hutan rakyat pola agroforestri yang dikembangkan masyarakat di Desa Purwabakti didominasi oleh sengon dan kapulaga, kedua tanaman tersebut merupakan tanaman yang diminati petani karena memiliki nilai ekonomi tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi saluran pemasaran, struktur pasar dan menghitung marjin dan efisiensi pemasaran kayu sengon dan kapulaga. Data diperoleh dari pengamatan dan wawancara terhadap 30 orang petani, 5 orang pelaku pemasaran sengon dan 2 orang pelaku pemasaran kapulaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran sengon dan dua saluran pemasaran kapulaga di Desa Purwabakti. Struktur pasar kayu sengon adalah oligopsoni terdiferensiasi sedangkan struktur pemasaran kapulaga adalah oligopsoni terdiferensiasi dan monopsoni. Saluran pemasaran sengon yang paling efisien adalah dari petani ke konsumen. Saluran pemasaran kapulaga yang paling efisien adalah petani yang menjual kapulaga dalam keadaan kering kepada pedagang pengumpul kecamatan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcForestryid
dc.subject.ddcForest managementid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Pemasaran Hasil Hutan Rakyat Pola Agroforestri (Kasus di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAgroforestriid
dc.subject.keywordanalisis pemasaranid
dc.subject.keywordhutan rakyat (HR)id


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record