Show simple item record

dc.contributor.advisorAsfarian, Auzi
dc.contributor.authorSopian, Muchamad Aang
dc.date.accessioned2017-03-03T03:29:33Z
dc.date.available2017-03-03T03:29:33Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83557
dc.description.abstractMassively Open Online Course (MOOC) memungkinkan akses pendidikan yang lebih terbuka. Platform ini cocok untuk diterapkan di Indonesia yang memiliki wilayah yang luas dan jumlah pengajar yang terbatas. Hingga saat ini belum ada standar aspek teknis dari MOOC yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kedewasaan suatu MOOC. Penelitian ini melihat perkembangan MOOC Indonesia berdasarkan sifat massive, open, course dan juga berdasarkan aspek teknis. Parameter aspek teknis mengacu pada metode criteria to assure design quality of moocs. Jumlah MOOC Indonesia masih sedikit seperti Dicoding, IndonesiaX, MOOCs UT, Sekolah Pintar, dan XL E-Learning. Jumlah kursus pada MOOC Indonesia masih sedikit yaitu paling banyak 57 kursus, sedangkan MOOC luar negeri memiliki jumlah kursus paling banyak 2173 kursus. Aspek teknis MOOC Indonesia memiliki penilaian kurang, sehingga perlu diperbaiki dan ditambahkan. Sebagai upaya dalam mengurangi tingkat drop out yang tinggi pada MOOC Indonesia, pemberian sertifikat gratis dapat menjadi salah satu faktor peserta untuk menyelesaikan kursus sampai selesai.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcComputer sciencesid
dc.subject.ddcWebsitesid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcIndonesiaid
dc.titlePerbandingan Situs Massively Open Online Course Indonesia Menggunakan Metode Criteria to Assure Design Quality of MOOCs.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAspek teknisid
dc.subject.keywordKursusid
dc.subject.keywordMOOCid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record