Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Usaha Wanita Wirausaha Pada Industri Makanan Ringan Di Provinsi Sumatera Barat
View/ Open
Date
2016Author
Syahardi, Amri
Baga, Lukman M.
Winandi, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Kewirausahaan yang dilakukan oleh wanita memiliki tradisi yang kuat terutama di sektor perdagangan kecil, industri makanan dan minuman, industri pakaian jadi, industri kayu, bambu, dan rotan, dan termasuk perabot rumah tangga serta kosmetik. Sumatera Barat merupakan salah satu daerah sentra industri makanan ringan yang berpotensial untuk dikembangkan, dimana sasaran jangka panjang dari pengembangan industri kecil menengah makanan ringan ini adalah meningkatnya mutu produk makanan ringan indonesia yang semakin higienis dan memenuhi persyaratan kesehatan serta ketentuan-ketentuan yang berlaku secara internasional dan terwujudnya industri makanan ringan yang memiliki competitive advantages sehingga berdaya saing tinggi di pasar internasional.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) profil wanita wirausaha dan industri makanan ringan; (2) karakteristik personal, lingkungan internal usaha, lingkungan eksternal usaha, dan perilaku kewirausahaan wanita wirausaha; dan (3) pengaruh karakteristik personal, lingkungan internal usaha, lingkungan eksternal usaha, serta perilaku kewirausahaan terhadap kinerja usaha wanita wirausaha. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei yang dilaksanakan di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 sampel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Wanita wirausaha yang bergerak pada industri makanan ringan di Provinsi Sumatera Barat secara umum berada pada usia produktif yaitu di atas 40 tahun. Usaha yang dikelola wanita wirausaha pada umumnya masih tergolong usaha kecil dengan pendapatan rata-rata Rp. 1.687.835 per minggu; (2) Karakteristik personal, lingkungan internal usaha, lingkungan eksternal usaha, dan perilaku kewirausahaan wanita wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. (3) Karakteristik personal yang paling dominan memengaruhi kinerja usaha adalah pendidikan dan latar belakang keluarga; lingkungan internal usaha yang paling dominan memengaruhi kinerja usaha adalah aspek keuangan; lingkungan eksternal usaha yang paling dominan memengaruhi kinerja usaha adalah pemasaran; Perilaku kewirausahaan yang paling dominan memengaruhi kinerja usaha adalah inovasi.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]