Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharno
dc.contributor.advisorFariyanti, Anna
dc.contributor.authorSafitri, Sri Ariani
dc.date.accessioned2017-01-30T07:18:00Z
dc.date.available2017-01-30T07:18:00Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82651
dc.description.abstractSeiring dengan meningkatnya permintaan benih kelapa sawit memicu meningkatnya jumlah produsen benih kelapa sawit di Indonesia. Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, PT Socfin Indonesia (Socfindo) sebagai salah satu produsen benih kelapa sawit perlu melakukan evaluasi kinerja bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pihak yang paling berpengaruh pada proses keputusan pembelian benih kelapa sawit PT Socfindo, menganalisis pengaruh kinerja bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dan menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo, serta menganalisis implikasi manajerial yang dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo. Penelitian dilakukan di PT Socfindo yang beralamat di Jalan K.L Yos Sudarso No 106 Medan, provinsi Sumatera Utara. Metode analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi pihak yang paling berpengaruh pada proses keputusan pembelian adalah metode deskriptif. Untuk melihat pengaruh dimensi bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS). Selain itu, untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan, penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Sedangkan untuk menganalisis tingkat loyalitas pelanggan, menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS) dan Customer Loyalty Index (CLI). Hasil analisis menunjukkan bahwa departemen produksi/tanaman merupakan pihak yang paling berpengaruh dalam proses keputusan pembelian benih kelapa sawit PT Socfindo. Dari empat dimensi bauran pemasaran, hanya satu dimensi yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo yakni dimensi bauran pemasaran produk. Di sisi lain, dimensi harga, distribusi dan promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo. Tingkat kepuasan pelanggan benih kelapa PT Socfindo termasuk ke dalam kategori „sangat puas‟ dengan nilai CSI sebesar 77.19, sedangkan tingkat loyalitas pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo termasuk ke dalam kategori „loyal‟ dengan nilai CLI sebesar 69.61. Selain itu, implikasi manajerial bagi PT Socfindo untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit yakni meningkatkan kinerja bauran pemasaran produk berupa homogenitas benih kelapa sawit, rerata potensi produksi TBS, rerata potensi ekstraksi CPO dan layanan purna jual.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcAgriculture Economicsid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcMedan-Sumatera Utaraid
dc.titlePengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Benih Kelapa Sawit Pt Socfin Indonesiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBauran pemasaranid
dc.subject.keywordbenih kelapa sawitid
dc.subject.keywordkepuasan pelangganid
dc.subject.keywordloyalitas pelangganid
dc.subject.keywordSEM PLSid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record