Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran Soyjoy Di Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Rheinnadia
Irwanto, Abdul Kohar
Najib, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Di Indonesia persaingan bisnis makanan sangat beragam karena industri
yang potensial ini hanya diisi oleh beberapa perusahaan besar dan kecil. Soyjoy
merupakan produk healthy bar pertama di Indonesia. Penjualan di Bogor
menunjukkan pertumbuhan yang fluktuatif setiap tahunnya. Pada tahun 2013
penjualan di area Bogor meningkat sebesar 49% dengan rata-rata pertumbuhan
per tahun 39,75%. Kondisi ini mendorong PT Amerta Indah Otsuka untuk
melakukan inovasi dan pengembangan dengan berbagai atribut produk agar dapat
menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan yang ingin dicapai
dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen dan trend
penjualan Soyjoy di Bogor (2) menganalisis pengaruh kualitas, citra merek, harga,
dan kemasan terhadap minat beli di Bogor (3) menganalisis atribut yang paling
berpengaruh terhadap minat beli Soyjoy di Bogor (4) menganalisis dampak dari
minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian Soyjoy di Bogor (5) mengkaji
implikasi perilaku konsumen Soyjoy terhadap bauran pemasaran berdasarkan
studi yang telah dilakukan.
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan kepustakaan. Penarikan responden
sebanyak 100 orang dilakukan di area Bogor dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural
Equation Modelling (SEM) dibantu dengan perangkat lunak PLS versi 2.0.
Penelitian menunjukkan bahwa kualitas, citra merek dan harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dan atribut kualitas
merupakan faktor yang paling dominan. Minat beli konsumen berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga penelitian ini dapat
memberikan jawaban atas masalah dalam penelitian ini yaitu kualitas menjadi
prioritas utama dalam menentukan pilihan diantara cemilan sehat yang beredar di
pasar.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]