Show simple item record

dc.contributor.advisorDaryanto, Heny K.S.
dc.contributor.advisorJahroh, Siti
dc.contributor.authorHarni, Monicha Septya
dc.date.accessioned2017-01-30T07:06:17Z
dc.date.available2017-01-30T07:06:17Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82601
dc.description.abstractIndonesia merupakan produsen pala dunia dengan pangsa pasar 75 persen. Pala diekspor dalam bentuk kering utuh, kering bubuk, dan minyak atsiri. Penurunan harga yang signifikan pada tahun 2015 memberikan dampak bagi UD. Putra Mandiri, yaitu penurunan penerimaan dan perolehan bahan baku. Sehingga perusahaan ini membutuhkan strategi pengembangan untuk menghadapi permasalahan ini. Adapun tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi faktor strategis, merumuskan alternatif dan prioritas strategi, serta menentukan langkah strategisnya untuk mencapai sasaran perusahaan. Sumber data diperoleh dari wawancara mendalam dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisis SWOT, AHP dan arsitektur strategik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subfaktor strategis yang mempengaruhi UD. Putra Mandiri ialah 1) produk berkualitas (S1); 2) pengelolaan finansial yang baik (S2); 3) karyawan yang kompeten (S3); 4) dikenal dan berpengalaman dalam produksi (S4); 5) belum adanya hubungan kerjasama formal dengan pemasok/petani (W1); 6) keterbatasan modal investasi (W2); 7) belum memiliki alat penyuling sendiri (W3); 8) pelanggan loyal (O1); 9) kemudahahan memperoleh pinjaman dari perbankan (O2); 10) besarnya permintaan pala (O3); 11) kondisi Kecamatan Tamansari (O4); 12) hambatan masuk pasar cukup tinggi (O5); 13) penurunan harga pala yang signifikan (T1); 14) kualitas pala Indonesia bagi negara Importir (T2); dan 15) persaingan antara perusahaan sejenis (T3). Strategi pengembangan bisnis prioritas diperoleh secara berurutan 1) meningkatkan produksi dengan pendekatan backward integration; 2) meningkatkan aset investasi berupa alat penyulingan pala; 3) membuat kontrak kerjasama; 4) meminjam modal investasi; 5) mempertahankan kualitas produk dan kredibilitas perusahaan. Lima strategi tersebut dijabarkan kedalam tujuh belas program kerja. Program tersebut dibagi menjadi program rutin dan program bertahap.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcAgricultural economicsid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis Pengolahan Pala Di Ud. Putra Mandiri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogorid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordprioritas strategiid
dc.subject.keywordanalisis swotid
dc.subject.keywordahpid
dc.subject.keywordarsitektur strategikid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record