Perencanaan Strategis Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Information Technology Infrastructure Library (It-Il)V3 Studi Kasus Di Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian
View/ Open
Date
2016Author
Setyarini, Listina
Kusuma, Wisnu Ananta
Wahjuni, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA)
sebagai perpustakaan institusi memiliki peran utama menyediakan informasi untuk
mendukung penelitian dan pengembangan pertanian. Beberapa layanan
perpustakaan di PUSTAKA telah memanfaatkan teknologi informasi (TI), namun
grand desain perpustakaan termutakhir yang dimiliki PUSTAKA dibuat pada tahun
2006. Sampai tahun 2016 belum dibuat kembali lanjutan dari grand desain
sebelumnya. Hal tersebut perlu dilakukan seiring dengan berbagai perubahan dan
perkembangan jaman.
Teknologi informasi berdampak pada perubahan perilaku pemustaka.
Ditunjukkan adanya pemanfaatan jurnal elektronis dan tercetak tahun 2014 di
PUSTAKA masing-masing sebesar 89% dan 11%. Selanjutnya dari 89% tersebut,
hanya sebesar 16% pemustaka yang datang secara langsung ke PUSTAKA. Oleh
karena itu perpustakaan perlu melakukan inovasi layanan perpustakaan berbasis
teknologi informasi agar dapat memberikan kepuasan kepada pemustakanya. Untuk
menjamin keberhasilan pemanfaatan TI, diperlukan rencana strategis yang matang.
Tujuan penelitian ini adalah menyusun rencana strategis layanan
perpustakaan berbasis TI dengan menggunakan framework IT-IL V3. Melalui
model pada area service strategy IT-I L V3. Tahapan strategic assessment
digunakan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal. Analisis faktor
eksternal dilakukan melalui survei LibQual sebagai metode survei untuk
mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan PUSTAKA. Analisis internal
dilakukan melalui wawancara untuk mengetahui secara lebih mendalam kondisi
layanan di PUSTAKA. Pengambilan sampel untuk kuesioner dan wawancara
menggunakan metode purposive sampling. Wawancara didasarkan pada struktur
organisasi PUSTAKA. Hasil survei dianalisis menggunakan metode importance
performance analysis (IPA) dan indeks kepuasan pengguna (IKP). Hasil
wawancara dianalisis menggunakan SWOT. Hasil analisis digunakan untuk
menentukan beberapa objek yang dianggap prioritas dalam perencanaan
pengembangan perpustakaan. Tahapan selanjutnya adalah strategy generation,
evaluation and selection untuk menentukan visi, kebijakan, perencanaan dan
tindakan yang akan dilakukan pada masing-masing objek tersebut.
Hasil IKP sebesar 82% menunjukkan bahwa pemustaka sudah merasa puas
dengan layanan perpustakaan berbasis TI di PUSTAKA. Tetapi dari hasil analisis
eksternal dan internal yang telah dipetakan dengan mengacu pada ISO 2789 tentang
layanan elektronis. Ada beberapa indikator sebagai objek prioritas usulan perbaikan
yaitu: 1) pengembangan katalog online; 2) pengembangan website perpustakaan;
3) pengembangan koleksi perpustakaan; 4) pelatihan pengguna untuk layanan
elektronis dan 5) peningkatan akses internet. Berdasarkan objek tersebut dibuat
perencanaan sebagai rancangan strategis layanan perpustakaan berbasis teknologi
informasi yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam penyusunan
perencanaan strategis layanan perpustakaan di PUSTAKA.
Berdasarkan hasil penelitian, PUSTAKA disarankan untuk melakukan
perencanaan yang berkelanjutan dari grand desain yang telah dibuat pada tahun
2006. Perencanaan layanan perpustakaan berbasis TI memerlukan perencanaan,
evaluasi dan perbaikan yang harus diakukan secara terus-menerus dan
berkesinambungan.
Collections
- MT - Professional Master [880]