Show simple item record

dc.contributor.advisorMaarif, Mohamad Syamsul
dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.authorAsthu, Agita Arrasy
dc.date.accessioned2016-12-01T02:30:25Z
dc.date.available2016-12-01T02:30:25Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82104
dc.description.abstractSebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, sarana dan prasarana kesehatan kesehatan yang baik merupakan hal yang mutlak ada pada kota besar seperti Kota Bandung. Rumah Sakit sebagai salah satu penyedia sarana kesehatan guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang baik dituntut untuk selalu memberikan pelayanan jasa yang optimal. Kinerja perawat menjadi salah satu indikator penentu citra dari rumah sakit, sehingga menjadi penilaian bagi calon konsumen. Fenomena yang terjadi, perawat kerap kali dikaitkan dengan kepentingan sosial dan politik, terutama di Indonesia yang masih menganggap profesi perawat adalah subordinasi dari profesi dokter. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis variabel terikat kinerja perawat yang diduga dipengaruhi oleh variabel bebas motivasi, komitmen organisasional, dan kepuasan kerja. Penelitian ini dilengkapi dengan indeks kepuasan konsumen terhadap kinerja perawat di rumah sakit. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menyebutkan bahwa dari 5 (lima) hipotesis yang diajukan, hanya tiga hipotesis yang terbukti berpengaruh signifikan, yaitu motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional, dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional. Adapun dua hipotesis yang berpengaruh namun tidak signifikan ialah kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan komitmen organisasional berpengaruh tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Indeks kepuasan konsumen dari keempat sampel rumah sakit menyebutkan bahwa tingkat kepuasan tertinggi didapatkan oleh rumah sakit swasta. Secara umum tingkat kepuasan terhadap kinerja perawat rumah sakit di Kota Bandung mendapat predikat ‘sangat puas’.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultral University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcHuman relationid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBandung-Jawa Baratid
dc.title. Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi, Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit Umum Di Kota Bandungid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordkinerjaid
dc.subject.keywordperawatid
dc.subject.keywordStructural Equation Modelingid
dc.subject.keywordIndeks Kepuasan Konsumenid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record