Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, H. Musa
dc.contributor.advisorSuprayitno, Gendut
dc.contributor.authorDwiyanti, Rizda
dc.date.accessioned2016-09-21T01:58:36Z
dc.date.available2016-09-21T01:58:36Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81575
dc.description.abstractProduk kosmetika telah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh lapisan masyarakat. Perkembangan industri kosmetika di Indonesia terus meningkat. Kosmetik perawatan wajah dan tubuh merupakan kategori produk kosmetik yang berpotensi besar dan terus mengalami pertumbuhan di Indonesia. Kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mengakibatkan persaingan dalam industri kosmetik semakin meningkat. Industri kosmetik skala kecil dan menengah (IKM) harus mampu memenuhi tantangan saat ini dan masa depan, dengan menciptakan produk kosmetik bermutu. Hal ini dapat tercapai melalui kinerja operasi-produksi yang baik. PT ANI merupakan perusahaan kosmetik skala menengah, yang memfokuskan pada usaha produksi kosmetik perawatan wajah dan tubuh berbahan aktif alami. Perusahaan memiliki permasalahan pada pengembangan produk kosmetik perawatan wajah dan tubuh selain sabun, seperti butter, scrub, lotion dan cream, yang disebabkan terbatasnya sumber daya operasi-produksi kosmetik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan perlu membuat perencanaan pembangunan sumber daya guna mendukung operasi-produksi kosmetik. Proses perumusan strategi operasi akan memprioritaskan keputusan pembangunan sumber daya operasi-produksi kosmetik, yang diselaraskan dengan strategi bisnis atau strategi bersaing perusahaan. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan bertujuan menentukan misi dan obyektif, strategi bisnis dan strategi operasi-produksi kosmetik berdasarkan prioritas tujuan kinerja. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dan kualitatif, serta terdiri dari tiga tahap. Data yang digunakan dalam penelitian meliputi data primer dan sekunder. Penelitian tahap 1 adalah peninjauan keselarasan misi dengan situasi strategik, tahap 2 adalah merumuskan strategi bersaing dan tahap 3 adalah perumusan strategi dan kebijakan pengembangan sumber daya operasi-produksi kosmetik. Penentuan misi dan obyektif dilakukan melalui empat langkah, yaitu penentuan faktor internal dengan alat analisis Porter’s Value Chain dan VRIO, penentuan faktor eksternal dengan alat analisis PEST dan Porter’s five forces, pembobotan faktor internal/eksternal menggunakan tabel IFAS, tabel EFAS serta Analytic Hierarchi Process (AHP) untuk proses pembobotan, peninjauan keselarasan misi. Penentuan strategi bisnis dilakukan melalui tiga langkah, yaitu penentuan posisi strategik perusahaan dengan matriks IE, perumusan alternatif strategi dengan matriks TOWS dan penentuan strategi bersaing yang tepat dengan Porter’s Generic Strategy. Perumusan strategi dan kebijakan pengembangan sumber daya dilakukan melalui dua langkah, yaitu penentuan prioritas strategi operasi menggunakan matriks strategi operasi dan AHP untuk pembobotan faktor kriteria kinerja dan alternatif strategi operasi, serta penentuan alternatif keputusan strategik operasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa misi PT ANI memproduksi kosmetik perawatan wajah dan pribadi berbahan aktif alami yang aman dan bermutu, untuk menangkap pasar ceruk di dalam dan luar negeri. Misi ini dinilai masih selaras dengan lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi. Strategi bisnis perusahaan adalah strategi bersaing fokus diferensiasi dan melayani pembuatan kosmetik perawatan wajah dan pribadi dengan varian dan volume sesuai kebutuhan pelanggan. Pengembangan dari sumber daya dan proses operasi-produksi diprioritaskan untuk memenuhi lima sasaran kinerja mutu, keandalan, fleksibilitas, kecepatan dan biaya. Disisi lain prioritas strategi operasiproduksi untuk memenuhi sasaran kinerja tersebut adalah strategi teknologi proses, jaringan rantai pasok, kapasitas, pengembangan dan organisasi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomicsid
dc.subject.ddcSmall-scale industryid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titlePerumusan Strategi Operasi-Produksi Kosmetik (Studi Kasus Pt Ani).id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordperumusanid
dc.subject.keywordkosmetikid
dc.subject.keywordstrategi operasi-produksiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record