Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Pada Situs Web Perpustakaan Universitas Mercu Buana Jakarta
View/ Open
Date
2016Author
Raharjo, Priyo
Kusuma, Wisnu Ananta
Sukoco, Heru
Metadata
Show full item recordAbstract
Situs web perpustakaan menjadi media yang menghubungkan antara kebutuhan informasi pengguna dengan sumber-sumber informasi dan layanan yang ada di perpustakaan. Oleh karena itu keterlibatan pengguna secara aktif dalam pengembangan antarmuka situs web perpustakaan menjadi sangat penting. Hal ini perlu dilakukan agar situs web dapat dengan mudah digunakan dan dipelajari oleh penggunanya. Salah satu cara mengevaluasi antarmuka situs web dengan cara melakukan uji usability.
Uji usability menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar, situs web dapat mencapai tujuan serta tidak ditinggalkan oleh penggunanya. Apabila fitur-fitur pada sebuah situs web dapat digunakan secara efektif, efisien dan memuaskan penggunanya maka situs web tersebut dapat disebut telah usable. Untuk menilai usable situs web perpustakaan diperlukan uji usability. Sejak diluncurkan pada tahun 2009, situs web perpustakaan Universitas Mercu Buana Buana (UMB) belum pernah dilakukan uji usability.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan-permasalahan yang dihadapi pengguna ketika menggunakan situs web perpustakaan UMB. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan rekomendasi perbaikan antar muka situs web perpustakaan UMB agar menjadi lebih user friendly.
Sejumlah responden dipilih berdasarkan jenis profesi pengguna yang menjadi target situs web yaitu mahasiswa, dosen dan karyawan UMB. Pemilihan responden pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel yang dilakukan menggunakan kriteria tertentu. Selain itu pertimbangan lain yang digunakan adalah pengetahuan, keterampilan dan frekuensi pengguna dalam menggunakan internet, web browser, situs web dan mesin telusur. Jumlah responden ditentukan sebanyak 10 orang. Komposisi responden ditentukan berdasar persentase pengunjung perpustakaan dari periode 2011 – 2014. Pengunjung perpustakaan kurang dari 10 persen maka ditentukan satu responden. Berdasarkan persentase jumlah pengunjung perpustakaan diperoleh delapan responden mahasiswa, satu responden dosen dan satu responden karyawan.
Pengumpulan data diperoleh dengan meminta responden mengerjakan skenario tugas yang berkaitan dengan fitur-fitur pada situs web perpustakaan UMB serta pengamatan di lapangan kebutuhan apa yang paling sering ditanyakan pengguna ketika datang ke perpustakaan. Setiap skenario tugas direkam menggunakan perangkat lunak Camtasia Studio 8.5. Sebanyak tujuh skenario tugas diberikan kepada responden untuk diselesaikan dengan benar.
Uji usability terhadap situs web perpustakaan UMB untuk mengukur dua komponen usability yaitu efektivitas dan efisiensi. Efektivitas berhubungan tingkat penyelesaian tugas dan efisiensi berhubungan dengan jumlah waktu yang digunakan dalam menyelesaikan tugas dan jumlah kesalahan yang dilakukan responden dalam menyelesaikan tugas.
Hasil uji usability pada situs web perpustakaan UMB menunjukkan bahwa rata-rata skenario tugas yang berhasil diselesaikan oleh responden sebesar 90%. Responden yang berhasil menyelesaikan skenario tugas sebesar 50% dan sisanya tidak berhasil menyelesaikan seluruh skenario tugas yang diberikan. Sebanyak dua responden (20%) hanya berhasil menyelesaikan skenario tugas sebesar 71%. Kesalahan terjadi pada semua skenario tugas yaitu tidak ada satu skenario tugas yang dapat diselesaikan oleh seluruh responden tanpa melakukan kesalahan. Jumlah kesalahan tertinggi yaitu 32 kali yang terjadi pada skenario tugas mengunduh artikel dari basis data proquest (skenario tugas 5) dan mengunduh abstrak e-tesis (skenario tugas 4). Jumlah waktu yang digunakan menunjukkan bahwa mengunduh artikel dari basis data proquest (skenario tugas 5), mengunduh abstrak e-tesis (skenario tugas 4) dan mencari judul buku melalui katalog online (skenario tugas 1), merupakan tiga skenario tugas yang paling banyak membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.
Berdasarkan hasil analisis uji usability menemukan hal-hal yang menyebabkan rendahnya usabilitas antarmuka situs web perpustakaan UMB yaitu penggunaan icon yang tidak sesuai, penggunaan font yang kecil dan tidak sesuai sehingga perubahan warna pada fitur yang tidak jelas terlihat, tata letak fitur yang berada di beberapa lokasi, penggunaan istilah yang tidak sesuai dengan isi. Dari analisi tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi pengguna berbeda dengan persepsi sistem.
Rekomendasi perbaikan antarmuka situs web Perpustakaan UMB berdasarkan hasil analisis yaitu menampilkan pedoman atau petunjuk cara pencarian artikel dari masing-masing basis data, kotak pencarian koleksi (buku, artikel, jurnal, e-tugas akhir) berada pada bagian atas setiap halaman situs web, gambar tidak ditampilkan di setiap halaman, dan diberikan navigasi yang memberikan lokasi pengunjung situs web berada