Tingkat Pendidikan Dan Kepemilikan Hewan Peliharaan Terhadap Penerapan Kesejahteraan Hewan Di Kota Depok
Abstract
Perkembangan dunia teknologi informasi dan digital mengubah gaya hidup masyarakat saat ini. Masyarakat sangat mudah mendapatkan informasi yang diinginkan, terutama melalui media elektronik dan media sosial. Konsep kesejahteraan hewan merupakan salah satu isu non-konvensional dalam hubungan internasional yang saat ini mendapat perhatian besar di dunia internasional. Memelihara hewan peliharaan (companion animal) harus memerhatikan kesejahteraan hewan. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran mengenai tingkat pendidikan dan kepemilikan hewan peliharaan terhadap peneraan asas kesejahteraan hewan di Kota Depok. Data penelitian diperoleh melalui pengisian kuesioner dan wawancara siswa/i pemilik hewan peliharaan dan tidak memiliki hewan peliharaan di sembilan sekolah setingkat pendidikan dasar dan lanjutan di Kota Depok. Data diolah dengan metode statistika chi square untuk menguji hubungan dua variabel. Terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara tingkat pendidikan dan kepemilikan hewan peliharaan dalam penerapan kesejahteraan hewan. Tingkat pendidikan SMP memengaruhi sikap terhadap asas kesejahteraan hewan. Kepemilikan hewan peliharaan memengaruhi pengetahuan terhadap asas kesejahteraan hewan.