Show simple item record

dc.contributor.advisorBaga, Lukman M
dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorAnggara, Cici
dc.date.accessioned2016-03-08T02:25:02Z
dc.date.available2016-03-08T02:25:02Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79098
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat pemberdayaan koperasi untuk pengembangan UMKM, mengidentifikasi peran KUD Sumber Alam dan koperasi Al Banna terhadap peningkatan usaha-usaha produktif UMKM di Kabupaten Bogor, dan merumuskan strategi dan program dalam upaya pengembangan koperasi di Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bantarkambing dan Desa Dramaga, Kabupaten Bogor yang dipilih secara purposive. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan yaitu dari bulan Februari sampai dengan April 2015. Penentuan responden dalam penelitian ini dipilih melalui multi stage sampling dengan populasi yaitu koperasi yang berada di Kecamatan Rancabungur dan Kecamatan Dramaga. Berdasarkan hasil perhitungan, koperasi yang dijadikan lokasi penelitian yaitu KUD Sumber Alam dan koperasi Al Banna. jumlah responden yang diambil pada penelitian ini sebanyak 81 anggota UMKM yang terdiri dari 45 UMKM dari KUD Sumber Alam dan 36 dari koperasi Al Banna. Penelitian ini juga mengambil data dari responden kualitatif yaitu dari pihak internal (pengurus koperasi, anggota koperasi dan bagian pengawas koperasi) dan pihak eksternal (Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, pemerintah desa tempat koperasi domisili, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), studi dokumen, partisipasi anggota koperasi, dan analisis SWOT. Data yang diambil yaitu indikator tingkat pemberdayaan, sejarah koperasi dan komunitas, kinerja koperasi, profil anggota dan pengurus koperasi, modal sosial, kondisi lingkungan, identifikasi potensi, masalah, tujuan, dan alternatif pemecahan masalah, dan strategi pengembangan koperasi serta rancangan program. Data yang dihasilkan diolah melalui tabulasi silang, deskriptif, dan Analisis SWOT. Penyusunan strategi pengembangan koperasi dilakukan melalui analisis SWOT. Strategi SWOT dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif, berdasarkan analisis terhadap kinerja koperasi yang telah dianalisis menjadi faktor-faktor penentu dalam analisis strategi SWOT. Penelitian ini juga melakukan arsitektur strategi dengan menggabungkan hasil strategi yang diperoleh dari tahap pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemberdayaan UMKM melalui koperasi termasuk tinggi baik pada KUD Sumber Alam maupun koperasi Al Banna. Tingginya tingkat pemberdayaan tersebut dicirikan oleh sebagian besar indikator dinyatakan “ya” oleh sebagian besar responden pada kedua koperasi tersebut pada jawaban berbagai indikator tingkat pemberdayaan yaitu tingkat partisipasi anggota, dukungan kebijakan pemerintah, tingkat pendapatan, faktor sosial budaya, kemampuan manajemen, sumber keuangan koperasi, sistem operasional, pemasaran produk, keberadaan inovasi, dan peran koperasi terhadap UMKM. Koperasi memiliki berbagai peran terhadap kemajuan UMKM di Kabupaten Bogor. Koperasi sangat berperan sebagai pemberi pinjaman modal bagi setiap UMKM yang tergabung di dalamnya dengan administrasi yang lebih mudah daripada bank. Koperasi juga memfasilitasi UMKM dalam mengakses teknologi yang lebih modern serta untuk mendapatkan bahan baku. Koperasi juga berperan dalam memberi akses informasi serta mempromosikan usaha UMKM kepada konsumsi secara lebih luas. Peran lainnya yaitu koperasi dapat memberikan pendampingan usaha serta pelatihan-pelatihan softskill yang diperlukan untuk perkembangan UMKM. Berdasarkan analisis SWOT dan arsitektur strategi yang telah dilakukan, strategi dan program dalam upaya pengembangan koperasi dari tahun 2015-2017 adalah meningkatkan kualitas pemberdayaan koperasi, meningkatkan jumlah anggota koperasi, mengembangkan jaringan bisnis, menerapkan sistem penghargaan (reward), mencari mitra pemasaran yang baru, menjalin kerjasama dengan pemerintah dan akademisi, menyempurnakan kurikulum, memperbaiki citra koperasi, memberi masukan kepada pemerintah, melakukan konsolidasi internal dan eksternal, meningkatkan kualitas SDM, membuat SOP yang jelas dan tersistem, membangun kemitraan dalam hal permodalan, mengembangkan keunggulan kompetitif, menyelenggarakan promosi produk, memanfaatkan dukungan pemerintah daerah Kabupaten Bogor untuk mensosialisasikan nilai-nilai koperasi kepada masyarakat, dan penguatan koperasi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcEconomicsid
dc.subject.ddcRegional Economicsid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcJawa Baratid
dc.titleStrategi Pengembangan Koperasi Guna Menggerakkan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Dua Koperasi Di Kabupaten Bogor).id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordArsitektur strategiid
dc.subject.keywordkoperasiid
dc.subject.keywordpemberdayaanid
dc.subject.keywordSWOTid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record