Show simple item record

dc.contributor.advisorSukmawati, Anggraini
dc.contributor.advisorSumertajaya, I Made
dc.contributor.authorAnisah
dc.date.accessioned2016-03-08T02:14:28Z
dc.date.available2016-03-08T02:14:28Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79084
dc.description.abstractSalah satu tugas peneliti adalah melakukan publikasi hasil penelitan yang telah dilakukan agar diketahui oleh masyarakat. Berdasarkan analisis kebutuhan pelatihan yang dilakukan oleh LIPI pada tahun 2013, peneliti di daerah merasakan kurangnya kompetensi yang dimiliki dalam menulis karya ilmiah. Oleh karena itu LIPI menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah pada tahun 2013 di lima koridor di wilayah Indonesia yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara Barat, serta Papua dan Kepulauan Maluku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran evaluasi pascapelatihan serta mengetahui adanya pengaruh pelatihan terhadap kompetensi dan kinerja peneliti. Responden dari penelitian ini adalah alumni Pelatihan Penulisan Ilmiah tahun 2013. Penyebaran dan pengembalian kuisioner dilakukan melalui email. Evaluasi pascapelatihan menggunakan model empat tingkat Kirkpatrick (2015), sedangkan pengolahan dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan untuk pengujian hipotesis menggunakan SEM. Evaluasi pascapelatihan menunjukkan hasil yang baik, artinya alumni pelatihan menyatakan puas terhadap penyelenggaraan pelatihan dari sisi materi, pengajar, metode serta berbagai fasilitas pendukung pelatihan. Alumni pelatihan juga merasakan peningkatan pemahaman terhadap materi pelatihan dan menerapkannya saat kembali ke kantor. Berdasarkan perhitungan korelasi didapatkan hasil bahwa pelatihan memiliki korelasi yang signifikan terhadap kompetensi yaitu pengetahuan, keahlian dan sikap kerja. Akan tetapi pelatihan tidak memiliki korelasi secara signifikan terhadap kinerja peneliti. Kompetensi juga tidak memiliki korelasi yang signifikan terhadap kinerja peneliti. Berdasarkan analisis SEM untuk menguji hipotesis yang dibangun, terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan terhadap kompetensi peneliti yang berupa pengetahuan, keahlian dan sikap kerja. Pelatihan juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikant terhadap kinerja peneliti. Namun demikian, tidak cukup bukti bahwa kompetensi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja. Selain pelatihan dan kompetensi, kinerja dipengaruhi oleh banyak hal seperti nomenklatur kelembagaan, jumlah anggaran, sarana dan prasarana, SDM peneliti, pembinaan kader peneliti, ketersediaan media publikasi, birokrasi yang panjang dan kondisi geografis.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcKnowledgeid
dc.titlePengaruh Pelatihan Penulisan Ilmiah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Peneliti Di Luar Jawaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordevaluasiid
dc.subject.keywordpelatihanid
dc.subject.keywordkirkpatrickid
dc.subject.keywordkompetensiid
dc.subject.keywordkinerjaid
dc.subject.keywordpenelitiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record