Pengaruh Karakter Pribadi Dan Modal Sosial Terhadap Kemampuan Wirausaha Perempuan Di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor.
View/ Open
Date
2015Author
Fazlurrahman, Iqbal Reza
Fariyant, Anna
Suharno
Metadata
Show full item recordAbstract
Karakter wirausaha perempuan sangat unik dan perempuan memiliki hambatan dalam menjalankan usaha seperti konstruksi sosial dan keterbatasan akses kredit. Pada tahun 2014, Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat Mitra Agribisnis, sebuah program pembiayaan mikro, yang diperuntukkan untuk membantu wirausaha perempuan yang tinggal di desa lingkar kampus IPB untuk mendapatkan akses kredit. Penelitian ini bertujuan meningkatkan desain program Mitra Agribisnis untuk implementasi pada tahap selanjutnya. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi karakter pribadi dan modal sosial wirausaha perempuan, (2) menganalisis hubungan karakter pribadi dan modal sosial dengan penghasilan wirausaha perempuan, (3) menganalisis pengaruh karakter pribadi dan modal sosial terhadap kemampuan wirausaha perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu desa lingkar kampus IPB, yaitu Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja. Pada penelitian ini menggunakan sebanyak 30 orang wirausaha perempuan, yang merupakan peserta Mitra Agribisnis di tahun 2014. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi dan pemodelan Partial Least Square (PLS). Pada hasil analisis menggunakan uji korelasi ditemukan bahwa penelitian menyatakan bahwa karakter pribadi dan modal sosial dengan penghasilan wirausaha perempuan secara bersama-sama memiliki hubungan positif nyata yang kuat. Hal ini menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan penghasilan wirausaha perempuan, peningkatan karakter dan modal sosial harus dilakukan secara bersama. Karakter pribadi dan modal sosial secara positif dan signifikan memengaruhi kemampuan wirausaha perempuan. Modal sosial sebagai prediktor kuat yang positif dan signifikan memengaruhi kemampuan kewirausahaan perempuan di Desa Cihideung Ilir. Implikasi dari penelitian ini pada kelanjutan program Mitra Agribisnis adalah perlu dilakukan penguatan modal sosial wirausaha perempuan. Hal ini dapat dilakukan melalui pembentukan kelompok sosial. Kelompok sosial merupakan media berbagi pengetahuan dan pengalaman diantara wirausaha perempuan. Pemberian pelatihan kewirausahaan kepada wirausaha perempuan dapat dilakukan melalui kelompok sosial. Program pelatihan perlu disesuaikan dengan kondisi sosial perempuan desa agar berjalan efektif.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]