Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Restoran Happy Cow Steak.
View/ Open
Date
2015Author
Gunawan, Ayumi Fitriani
Nurmalina, Rita
Priatna., Wahyu Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan industri restoran yang begitu cepat di Kota Bogor, menciptakan tingkat kompetisi yang semakin ketat. Ketika tingkat kompetisi yang tinggi telah tercipta, pemeliharaan pelanggan menjadi dasar penting untuk memperoleh keunggulan kompetitif atas kompetitor. Sebagai restoran yang terletak di area wisata kuliner dengan intensitas persaingan yang tinggi, Restoran Happy Cow Steak perlu meningkatkan retensi pelanggan yang dimiliki dengan cara menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas dalam diri pelanggan mereka. Evaluasi terhadap kinerja bauran pemasaran (7P) restoran akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang selanjutnya berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kinerja dimensi dalam bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta menganalisisi implikasi manajerial yang dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan Restoran Happy Cow Steak. Penelitian dilakukan di Restoran Happy Cow Steak yang berada di Jalan Bangbarung Raya No. 63, Bogor Utara, Jawa Barat. Metode analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh dimensi bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan, penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Sedangkan untuk menganalisis tingkat loyalitas pelanggan, menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan Customer Loyalty Index (CLI). Hasil analisis menunjukkan bahwa dari ketujuh dimensi bauran pemasaran, hanya enam dimensi yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Restoran Happy Cow Steak. Keenam dimensi bauran pemasaran tersebut adalah product, price, process, people, place, dan physical evidence. Dimensi product memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Restoran Happy Cow Steak. Di sisi lain, dimensi promotion tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Restoran Happy Cow Steak. Tingkat kepuasan pelanggan Restoran Happy Cow Steaktermasuk ke dalam kategori ‘puas’ dengan nilai CSI sebesar 75.95 %, sedangkan tingkat loyalitas pelanggan Restoran Happy Cow Steak termasuk ke dalam kategori ‘loyal’ dengan nilai CLI sebesar 77.91%. Implikasi manajerial dilakukan terhadap indikator yang memiliki besar pengaruh tertinggi dengan nilai CSI (%) terendah pada masing-masing dimensi. Implikasi manajerial untuk Restoran Happy Cow Steak pada penelitian ini berfokus pada peningkatan kinerja dari tanggapan terhadap keluhan pelanggan, keragaman menu, proporsi penyajian steak, kecepatan dalam penyajian, tampilan penyajian steak, dan variasi ukran steak.
Collections
- MT - Economic and Management [2963]