Show simple item record

dc.contributor.advisorNurhadryani, Yani
dc.contributor.advisorHermadi, Irman
dc.contributor.authorRamadhan, Dean Apriana
dc.date.accessioned2015-08-25T02:32:09Z
dc.date.available2015-08-25T02:32:09Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76168
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penggunaan media sosial oleh para calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD) peserta Pemilu 2014 serta calon presiden dan partai politik dalam memanfaatkan potensi dari jumlah pengguna internet yang ada. Media sosial yang diteliti adalah Facebook, Twitter, YouTube, LinkedIn dan Flickr. Penelitian ini dilakukan pada Daerah Pemilihan (Dapil) 1 baik untuk DPR maupun DPRD dan DPD di provinsi DKI Jakarta. Calon legislatif yang diteliti berasal dari 12 partai yang menjadi peserta Pemilu. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan web 2.0 dan media sosial pada aktivitas kampanye Pemilu 2014 sudah mulai dilakukan oleh aktor-aktor politik. Caleg di DKI Jakarta mulai menggunakan media sosial walaupun masih di tingkat yang minim yaitu 20%. Penggunaan website oleh caleg DKI Jakarta tercatat hanya 23%. Tidak sampai separuh dari caleg yang memanfaatkan teknologi internet untuk berkampanye. Pada parpol dan capres, website dan media sosial sudah mulai populer digunakan dan menjadi salah satu strategi dalam pelaksanaan kampanye jika dibandingkan dengan Pemilu periode sebelumnya. Hasil korelasi juga menunjukkan bahwa penggunaan media sosial khususnya Facebook dan Twitter memiliki korelasi yang cukup kuat dengan jumlah suara yang diperoleh. Penelitian ini merekomendasikan kepada aktor politik untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai salah satu strategi kampanye. Penelitian ini juga mengembangkan prototype website dan aplikasi media sosial terintegrasi yang dapat digunakan untuk aktivitas kampanye oleh para aktor politik di Indonesiaen
dc.language.isoid
dc.subject.ddcComputeren
dc.subject.ddcInterneten
dc.subject.ddc2014en
dc.subject.ddcDKI-Jakartaen
dc.titleAnalisis Dan Pengembangan Prototype Aplikasi Web 2.0 Dan Media Sosial Pada Kampanye Pemilu 2014en
dc.subject.keywordaktor politiken
dc.subject.keyworde-campaignen
dc.subject.keywordmedia sosialen
dc.subject.keywordpemilu 2014en
dc.subject.keywordweb 2.0en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record